Apa Saja Tanda Awal Kehamilan Pada Ibu Hamil?

satutulisan.com – Sebagai seorang wanita yang baru saja menikah, bunda harus tau informasi tentang hal ini. Sebab segala menikah bukan tidak mungkin bunda akan hamil dan 9 bulan kemudian bakal dianugerahi seorang anak.

Banyak calon ibu yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka sedang hamil. Apalagi dalam satu minggu pertama kehamilan, tanda-tandanya tidak terasa signifikan. Perut juga belum terlalu besar seperti saat kehamilan sudah memasuki lima bulan ke atas.

Berbicara soal kehamilan, sebagai perempuan bunda harus tau jika kehamilan itu selama 40 minggu dan dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Kehamilan terjadi saat tubuh melepaskan sel telur dari ovarium yang terjadi antara akhir minggu kedua atau awal minggu ketiga.

Tanda Awal Kehamilan

Tanda Awal Kehamilan, Apa Saja?

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, bahwasanya tanda-tanda kehamilan itu terjadi pada minggu-minggu pertama. Apa sajakah itu?

Perut Kembung

Tanda pertama seseorang yang mungkin saja sedang hamil adalah perutnya kembung. Hal ini bisa terjadi karena perubahan hormon sehingga menyebabkan sistem pencernaan menjadi lebih lambat. Terkadang gejala perut kembung ini juga disertai dengan sembelit atau kesulitan buang air besar.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan dua tanda kehamilan yang paling umum terjadi. Gejala ini disebut sebagai morning sickness dan biasanya terjadi pada minggu pertama sampai minggu kesembilan. Setelah itu, gejala ini sudah berangsur-angsur menghilang dan ibu hamil tidak akan mual atau muntah lagi.

Perubahan Payudara

Salah satu tanda kehamilan seorang wanita bisa dilihat dari payudaranya. Pada saat awal kehamilan, payudara terasa lebih padat, kencang, dan juga sensitif. Selain itu, puting menjadi lebih menonjol dengan warnanya yang gelap. Pembuluh darah lebih terlihat pada permukaan kulit payudara.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Pada umumnya, wanita hamil itu sering buang air kecil pada minggu-minggu awal kehamilannya. Penyebab utamanya adalah perubahan hormonal dan meningkatnya cairan di dalam tubuh. Hal seperti ini biasanya terjadi pada malam hari dan bukan tidak mungkin terus berlanjut hingga beberapa minggu kehamilan.

Kelelahan

Kelelahan merupakan salah satu tanda kehamilan yang terjadi pada minggu-minggu pertama. Penyebabnya yaitu hormon progesteron yang meningkat, sehingga menyebabkan bunda mengalami kelelahan dan mengantuk. Maka dari itu, bunda harus memiliki waktu istirahat yang sangat cukup. Tidak boleh terlalu lelah atau melakukan aktivitas yang sangat menguras fisik.

Kram Perut Disertai Bercak Darah

Bila seorang wanita sedang hamil, biasanya pada Minggu pertama mengalami kram perut. Gejala ini juga disertai dengan adanya bercak darah. Akan tetapi jumlah bercak darahnya tidak sebanyak seperti saat bunda sedang menstruasi. Sedangkan dari segi warna, mulai dari merah muda hingga kecoklatan (masing-masing orang berbeda-beda). Gejala seperti ini bisa terjadi karena adanya proses implantasi janin ke rahim.

Sensitif Terhadap Bau

Seorang wanita hamil indra penciumannya menjadi lebih sensitif. Untuk bau-bau tertentu, terutama yang menusuk seperti parfum atau wewangian terkadang menyebabkan mual-mual dan muntah. Maka dari itu, sebisa mungkin bunda harus menjauhi benda-benda berbau tajam supaya tidak mengalami hal tersebut. Selain itu, hindari asap rokok karena sangat tidak bagus untuk ibu hamil dan janin yang ada di dalamnya.

Selain tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas, masih banyak tanda kehamilan lainnya. Misalnya yaitu hilangnya nafsu makan, pusing, suasana hati yang mudah berubah, dan masih banyak lagi. Meski sudah ada tanda-tandanya, alangkah lebih baik jika bunda melakukan tes kehamilan untuk mengetahui secara akurat apakah bunda benar-benar hamil ataukah tidak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.