Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47 Telah Dibuka, Berikut Cara Daftar Dan Syarat Lolos Terbaru

satutulisan.com – Informasi pendaftaran kartu prakerja gelombang 47 akan segera dibuka. Yuk kita simak bagaimana cara daftar kartu prakerja dan apa saja syarat-syaratnya agar para peserta bisa lolos seleksi pada program kartu prakerja gelombang ke 47 ini. Selain itu kita bahas juga kapan kartu prakerja gelombang 47 dibuka serta insentif yang akan kita dapatkan.

Kita ketahui bersama, bahwa pendaftaran kartu prakerja gelombang 46 telah resmi ditutup. Untuk anda yang belum sempat mendaftar pada program kartu prakerja, anda dapat mengikuti dan gabung pada gelombang ke 47 dan silahkan anda akses situs resminya di prakerja.go.id.

Kartu Prakerja Gelombang 47

Kartu Prakerja Gelombang 47

Menjelang akhir tahun 2022 ini, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan dana untuk program kartu prakerja sebesar Rp. 5 Triliun. Dengan target angka kurang lebih 4.5 juta peserta baru yang telah lolos seleksi dan dinyatakan lulus dalam pendaftaran program kartu prakerja gelombang 47.

Untuk anda yang ingin sekali menjadi bagian dari peserta program kartu prakerja gelombang 47 ini, maka anda harus terlebih dahulu memahami apa itu program kartu prakerja, apa saja syarat bisa mengikuti program kartu prakerja ini. Kenapa harus mengetahui itu semua? Agar anda pas mendaftar dan bergabung pada program prakerja ini bisa lolos masuk seleksi dengan mudah.

Bagi anda yang telah dinyatakan lolos pada program pendaftaran kartu prakerja gelombang 47, maka dipastikan anda akan mendapatkan berupa uang insentif sebesar Rp. 2.400.000 yang akan dibayarkan selama 4 bulan. Yang dimana perbulannya anda akan mendapatkan insentif sebesar Rp. 600.000.

Apa Itu Program Kartu Prakerja

Apa Itu Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja merupakan sebuah program Pemerintah Indonesia bertujuan untuk pengembangan kompetensi kerja yang dimana ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja buruh atau karyawan yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang dimana semua itu membutuhkan peningkatan sebuah kompetensi.

Informasi Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47

Informasi Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47

Untuk informasi jadwal pendaftaran kartu prakerja gelombang 47 ini akan dibuka pada tanggal 15 Oktober 2022. Untuk anda yang tertarik sekali dengan program yang diberikan oleh pemerintah ini, anda bisa langsung daftar sekarang secara online bisa lewat handphone, komputer, atau tablet dengan cara mengakses situs prakerja.go.id.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 47

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 47

Bagi anda sebelum ke langkah proses pendaftaran kartu prakerja gelombang, ada baiknya anda ketahui dulu apa saja syarat daftar kartu prakerja gelombang 47 ini. Berikut kami informasikan persyaratan daftarnya:

  • Harus berkewarganegaraan WNI (Warga Negara Indonesia) yang telah berusia18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kartu Keluarga) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 47

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 47

Nah setelah anda mengetahui syarat daftar kartu prakerja, berikut kami sampaikan langkah-langkah dan cara daftar kartu prakerja gelombang 47 ini, berikut informasinya:

  • Yang pertama silahkan anda buka situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar bisa lewat HP, PC, atau tablet.
  • Kemudian login akun jika anda sudah punya akun prakerja, apabila belum silahkan daftar buat akun terlebih dahulu.
  • Lalu aktifkan pengaturan lokasi dengan mencentang ikon gembok di dashboard alamat situs.
  • Selanjutnya anda verifikasi KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan isikan NIK (Nomor Induk Kepegawaian), Nomo KK (Kartu Keluarga), dan tanggal lahir anda. Awas jangan sampai salah isi ya.
  • Pada tahap ini pastikan anda lebih teliti lagi ya pengisiannya dimulai dari melengkapi data diri anda, nama ibu kandung, status pekerjaan, status perkawinan, pendidikan terakhir, jenis kelamin, jenis pelatihan yang diminati, jumlah tanggunan keluarga, alamat sesuai KTP, dan alamat tempat tinggal anda. Kemudian setelah itu beres, anda tinggal klik Lanjut.
  • Kemudian untuk proses selanjutnya adalah verifikasi KTP dengan mengupload foto KTP dan foto diri anda yang langsung diambil dari kamera ponsel anda.
  • Verifikasi nomor handphone anda. Klik Kirim.
  • Masukan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone anda. Klik Verifikasi.
  • Isi Pernyataan, lalu klik Oke.
  • Jalani tes motivasi dan kemampuan dasar. Nantinya hasil tes ini akan di evaluasi oleh tim seleksi dari kartu prakerja gelombang 47.
  • Klik Mulai Tes dan ikuti tesnya sampai selesai.
  • Silahkan anda pilih gelombang yang sesuai dengan alamat tempat tinggal anda, lalu klik “Gabung”. Setelah itu akan muncul persetujuan prakerja yang kalimatnya berisi pernyataan.
  • Jika sudah sesuai, maka tahap terakhir yaitu anda tinggal klik “Saya Menyetujui”. Nantinya akan muncil pemberitahuan notifikasi yang akan masuk lewat email dan SMS tentang lolos dan tidaknya anda sebagai penerima kartu prakerja gelombang 47.

Tips Agar Lolos Seleksi Program Kartu Prakerja Gelombang 47

Tips Agar Lolos Seleksi Program Kartu Prakerja Gelombang 47

Untuk anda yang mengikuti kartu prakerja gelombang 47 ini, ada sedikit tips agar anda lolos seleksi pada gelombang ini. Simak tips-tips berikut ini:

  • Melengkapi persyaratan dengan teliti, baik dan benar.
  • Pastikan semua data-data sudah terisi yang sesuai dengan KTP dan mencantumkan nomor handphone aktif dan email untuk diverifikasi.
  • Foto KTP dan foto wajah yang anda upload harus terlihat dengan sangat jelas.
  • Dalam pendaftaran kartu prakerja gelombang 47, ada aturan main yang tidak boleh mendaftar kartu prakerja ini, yaitu Aparatur Negara Sipil (ASN), pejabat negara, Direksi, Komisaris, Dewan Pengawas BUMN dan BUMD, TNI dan POLRI.
  • Mengerjakan tes dengan benar. Sebelum mendaftar untuk mengikuti gelombang seleksi, peminat kartu prakerja akan diminta untuk mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang pendaftaran kartu prakerja gelombang 47. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan dan jelaskan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian dari kami terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments