Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Telah Dibuka Secara Online, Simak Tips Lolosnya Disini

satutulisan.com – Pendaftaran kartu prakerja gelombang 46 akan segera dibuka. Mari kita simak cara daftar kartu prakerja dan syarat lolos seleksi pada gelombang ke 46 ini. Selain itu mari kita bahas juga kapan pembukaan pendaftaran kartu prakerja serta insentif yang didapat.

Diketahui bersama, bahwa program pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 45 sudah resmi ditutup. Bagi para peserta yang belum sempat mendaftar di program kartu prakerja, anda bisa ikutan dan mendaftar pada gelombang ke 46 ini.

Kartu Prakerja Gelombang 46

Kartu Prakerja Gelombang 46

Pada tahun 2022 ini, Pemerintah Indonesia akan menyiapkan berupa anggaran untuk program kartu prakerja yaitu Rp. 11 Triliun rupiah dengan target angka 4.5 juta peserta baru yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi program pendaftaran kartu prakerja gelombang 46 ini.

Bagi anda yang ingin masuk menjadi peserta pada program kartu prakerja gelombang 46, maka anda terlebih dahulu diharuskan memahami apa itu prakerja, cara daftar kartu prakerja, dan syarat daftar kartu prakerja agar anda lolos masuk seleksi.

Jika anda lolos seleksi pada kartu prakerja gelombang 46, maka anda akan mendapatkan uang insentif sebesar Rp. 2.400.000 yang akan dibayarkan selaama empat bulan. Yang dimana nominal perbulannya anda akan mendapatkan Rp. 600.000.

Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46

Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46

Pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 46 akan dibuka pada tanggal 19 Sepetember 2022. Bagi anda yang tertarik dengan program ini, ayo sekarang cek secara online dan daftarkan diri anda sekarang.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46

Untuk proeses pendaftaran kartu prakerja gelombang 46 ini terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berusia 18 tahun ke atas. Baik itu yang sedang mencari kerja, yang baru lulus sekolah, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan. Atau pun para pelaku wirausaha. Berikut cara daftar kartu prakerja gelombang 46:

  • Buka situs prakerja.go.id
  • Login akun jika anda sudah punya akun, apabila belum silahkan anda daftar buat akun terlebih dahulu.
  • Aktifkan pengaturan lokasi dengan mencentang ikon gembok di dashboard alamat situs.
  • Verifikasi KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan isikan NIK (Nomor Induk Kepegawaian), Nomo KK (Kartu Keluarga), dan tanggal lahir anda.
  • Kemudian klik lanjut. Awas sebelum klik lanjut pastikan oleh anda data diri anda yang mau di verifikasi sudah benar dan tidak ada yang salah ya.
  • Lengkapi data diri anda dimulai dari nama lengkap anda sesuai KTP, nama ibu kandung, status pekerjaan, status perkawinan, pendidikan terakhir, jenis kelamin, jenis pelatihan yang diminati, jumlah tanggunan keluarga, alamat sesuai KTP, dan alamat tempat tinggal anda. Kemudian setelah itu beres, anda tinggal klik Lanjut.
  • Kemudian untuk proses selanjutnya adalah verifikasi KTP dengan mengupload foto KTP dan foto diri anda yang langsung diambil dari kamera ponsel anda.
  • Verifikasi nomor handphone anda.
  • Klik Kirim.
  • Masukan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone anda.
  • Klik Verifikasi.
  • Isi Pernyataan, lalu klik Oke.
  • Jalani tes motivasi dan kemampuan dasar. Nantinya hasil tes ini akan di evaluasi oleh tim seleksi dari kartu prakerja gelombang 46.
  • Klik Mulai Tes dan ikuti tesnya sampai selesai.
  • Silahkan anda pilih gelombang yang sesuai dengan alamat tempat tinggal anda, lalu klik “Gabung”. Setelah itu akan muncul persetujuan prakerja yang kalimatnya berisi pernyataan.
  • Jika sudah sesuai, maka tahap terakhir yaitu anda tinggal klik “Saya Menyetujui”. Nantinya akan muncil pemberitahuan notifikasi yang akan masuk lewat email dan SMS tentang lolos dan tidaknya anda sebagai penerima kartu prakerja gelombang 46.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46

Nah bagi anda yang ingin lolos pada seleksi program kartu prakerja gelombang 46. Ketahui dulu syarat daftarnya, agar anda tidak ditolak pada program gelombang 46 ini. Berikut kami sampaikan syarat daftar kartu prakerja gelombang 46, yaitu:

  • WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kartu Keluarga) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Tips Lolos Kartu Prakerja Gelombang 46

Tips Lolos Kartu Prakerja Gelombang 46

Bagi para peserta yang ingin lolos kartu prakerja gelombang 46, simak tips-tips berikut ini:

  • Pastikan semua data-data sudah terisi yang sesuai dengan KTP dan mencantumkan nomor handphone aktif untuk diverifikasi.
  • Dalam pendaftaran kartu prakerja gelombang 46, ada aturan main yang tidak boleh mendaftar kartu prakerja ini, yaitu Aparatur Negara Sipil (ASN), pejabat negara, Direksi, Komisaris, Dewan Pengawas BUMN dan BUMD, TNI dan POLRI.
  • Mengerjakan tes dengan benar. Sebelum mendaftar untuk mengikuti gelombang seleksi, peminat kartu prakerja akan diminta untuk mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar.

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang anda miliki.

Hindari 5 Kesalahan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46

Hindari 5 Kesalahan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46

Bagi anda yang sedang mengikuti kartu prakerja gelombang 46 ini, hindari 5 kesalahan ini yang dapat menyebabkan anda gagal dalam proses seleksi pendaftaran kartu prakerja gelombang 46.

1. Kesalahan Penulisan Nomor Induk Keluarga

Saat mengisi data pribadi di form pendaftaran Kartu Prakerja, peserta harus benar-benar teliti. Yang banyak tidak disadari adalah kesalahan ketika mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Jika ada kesalahan atau salah ketik pada pengisian NIK, hal tersebut dapat menyebabkan data tidak bisa terverifikasi oleh sistem. Selain itu, pastikan juga data diri yang Anda isikan sudah sesuai dengan data di Kartu Keluarga (KK).

Jika masih ditemukan ketidaksesuaian, pendaftar bisa menghubungi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) di Call Center Dukcapil 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

2. Sudah Pernah Lolos Prakerja Sebelumnya

Jika Anda mencoba mendaftar di Kartu Prakerja gelombang sebelumnya dan gagal, coba periksa kembali apakah Anda sudah pernah lolos sebagai penerima Kartu Prakerja atau belum. Sebab, mereka yang pernah lolos Prakerja di gelombang sebelumnya, dipastikan tidak akan lolos dalam seleksi Kartu Prakerja yang saat ini berlangsung.

Hal itu karena NIK akan diblokir agar tidak bisa lolos seleksi Prakerja lagi di sistem Prakerja.go.id. Tujuannya agar yang penerima Kartu Prakerja bisa merata.

3. Ada Dua Anggota Dalam 1 Kartu Keluarga Yang Sudah Lolos

Disebutkan bahwa di dalam satu Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal dua NIK yang menjadi penerima Kartu Prakerja. Oleh karena itu, jika sudah ada dua anggota dalam Kartu Keluarga yang lolos Kartu Prakerja, maka anggota keluarga lainnya dipastikan tidak akan lolos Kartu Prakerja.

4. Masuk Kategori Tidak Bisa Mendaftar

Tidak semua orang bisa menjadi penerima Kartu Prakerja. Pihak pelaksana program Kartu Prakerja membuat kriteria orang-orang yang tidak bisa mengikut program ini, di antaranya:

  • Pejabat negara
  • Pimpinan dan anggota DPR/DPRD
  • Aparatur Sipil Negara (ASN)
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala desa dan perangkat desa
  • Direksi, komisaris, dan dewan pengawas di BUMD/BUMN

Jika Anda termasuk salah satu kategori di atas, dipastikan Anda pasti gagal menjadi penerima Kartu Prakerja.

5. Kuota Sudah Penuh

Selain itu, jika Anda merasa sudah memenuhi segala persyaratan dan tidak melakukan kesalahan dalam pendaftaran namun masih gagal lolos, bisa jadi kuota pendaftar kartu Prakerja sudah terisi penuh. Peserta yang telah lolos dan memenuhi persyaratan akan dinyatakan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Namun, penerima Kartu Prakerja yang tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah lolos seleksi, otomatis akan diblokir. Pemblokiran ini juga termasuk pencabutan kepesertaannya dari program Kartu Prakerja. Akibatnya, mereka yang sudah masuk daftar blokir tidak dapat mendaftar Kartu Prakerja lagi.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang pendaftaran kartu prakerja gelombang 46 dari mulai cara daftar kartu prakerja gelombang 46 beserta syarat dan cara daftarnya. Mudah-mudahan informasi yang kami jelaskan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian dari kami terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.