Rekomendasi Makanan Untuk Diet Yang Sehat

satutulisan.com – Berbicara soal diet, banyak orang yang melakukannya demi berat tubuh yang ideal. Akan tetapi cara yang mereka lakukan kurang tepat sehingga hasilnya juga kurang maksimal. Dan salah satu faktor yang membuat kegagalan tersebut adalah tentang makanan. Untuk Anda ketahui, diet bukan sekedar mengurangi porsi makan saja, tetapi harus memperhatikan makanan yang harus dikonsumsi.

Misalnya saja, Anda sudah mengurangi makan dari tiga hari sekali menjadi dua kali sehari, akan tetapi Anda tetap makan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang sangat tinggi. Itu tidak ada artinya karena kedua kandungan tersebut justru bikin badan semakin gemuk.

Makanan Untuk Diet

Rekomendasi Makanan Untuk Diet Sehat

Teruntuk Anda yang saat ini sedang menjalani program diet, berikut ini beberapa rekomendasi makanan untuk diet yang wajib dikonsumsi supaya diet berhasil. Apa sajakah itu?

Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi merupakan makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan juga mineral. Ketiga kandungan tersebut sangat bagus dikonsumsi oleh orang diet. Namun hal tersebut tidak berlaku pada bagian lemaknya. Pasalnya lemak justru membuat badan jadi gemuk sehingga Anda jangan sampai mengkonsumsinya karena lemak tinggi akan kalori dan kolesterol dan kurang bagus untuk tubuh, terlebih lagi jika dimakan berlebihan. Jadi saat melakukan diet, Anda boleh makan daging sapi asakan bagian lemaknya tidak ikut dimakan.

Daging Unggas Tanpa Kulit

Sama halnya seperti daging sapi, daging unggas pun juga kaya akan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, kulit unggas justru tidak bagus bagi orang diet karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Selain itu kandungan kalori kulit unggas juga cukup tinggi. Pada kulit ayam contohnya, untuk ukuran porsi 100 gram, terkandung sekitar 454 kalori. Maka dari itu, lebih baik makan dagingnya saja biar badan tidak cepat gemuk.

Ikan

Salah satu sumber protein terbaik bisa Anda temukan pada ikan. Untuk porsi 100 gram, terkandung sekitar 17,76 gram protein dengan kalori 84 dan lemak yang hanya 10% saja sehingga masih aman dikonsumsi oleh orang diet. Tak hanya itu saja, ikan juga mengandung mineral, vitamin, dan lemak sehat seperti asam lemak omega-3, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi otak.

Gandum Utuh

Saat diet, Anda bisa mengkonsumsi gandum utuh karena mengandung serat yang cukup tinggi. 100 gram gandum atau serelia utuh, terkandung sekitar 7 gram serat pangan. Tak hanya itu saja, gandum utuh juga mengandung protein, vitamin B9, kalium, magnesium, dan zat besi. Selain itu Anda bisa mengkonsumsi olahan yang di dalamnya terkandung gandum utuh seperti roti gandum, oatmeal, popcorn, dan beras merah

Sayur-sayuran

Makanan yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda menjalani program diet adalah sayur-sayuran. Bukan tanpa alasan, makanan bagus untuk diet karena kaya akan mineral, vitamin, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Beberapa contoh jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi antara lain yaitu brokoli, tomat, wortel, sawi, bayam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sayuran bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga nafsu makan pun bisa dikontrol.

Buah-buahan

Dan makanan untuk diet yang terakhir dan tidak boleh dilewatkan adalah buah-buahan. Buah itu tinggi serat namun rendah kalori dan lemak sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Dan sama seperti sayur, buah juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Beberapa buah yang bisa Anda konsumsi antara lain yaitu melon, pisang, alpukat, jeruk, dan apel.

Itulah dia beberapa rekomendasi makanan untuk diet yang sehat dan aman. Jangan sampai salah pilih makanan supaya program diet yang Anda lakukan menjadi berhasil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.