Pilihan Menu Makan Malam Untuk Diet Agar Berjalan Sukses

satutulisan.com – Banyak yang bilang bahwa makan malam itu bikin badan gemuk sehingga sangat pantang dilakukan oleh orang yang sedang diet. Biasanya mereka akan mengurangi porsi makan di malam hari dan menggantinya dengan makanan yang tinggi serat namun rendah lemak dan protein.

Nah supaya makan malam Anda tidak membuat bobot tubuh semakin naik dan diet berjalan sukses, melalui artikel ini saya akan merekomendasikan beberapa menu makan malam yang cocok untuk orang diet.

Makan Malam Untuk Diet

Daftar Menu Makan Malam Untuk Diet

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan melalui program diet, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini saat malam hari:

Telur Rebus

Makanan pertama yang bisa Anda makan saat malam hari yaitu telur rebus. Ingat ya, telur rebus bukan telur digoreng.Mengapa telur rebus? Sebab telur ini tidak digoreng yang notabene banyak lemak di dalamnya.

Sedangkan untuk telur rebus kandungan lemaknya tidak terlalu banyak. Untuk ukuran besar, satu telur rebus hanya mengandung sekitar 5,28 gram lemak dan jumlah kalori yang hanya sebanyak 77 kkal. Selain telur, makanan apapun yang direbus atau dikukus pasti rendah lemak sehingga sangat aman dikonsumsi saat diet. Salah satu contohnya yaitu tahu kukus.

Daging Panggang Tanpa Lemak

Daging yang digoreng mungkin kurang cocok dikonsumsi ketika diet karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Namun hal ini tidak berlaku pada daging yang dipanggang, baik itu daging sapi ataupun daging ayam.

Semakin bagus lagi jika daging panggang yang Anda makan lemaknya tidak diikutsertakan. Misalnya, daging sapi panggang tanpa lemak per satu irisan tipis, terkandung hanya sekitar 1,79 gram dan non karbohidrat.

Selain itu, daging panggang juga kaya akan protein. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Obesity, asupan protein bisa menurunkan berat badan hingga 0,45 kilogram hanya dalam waktu satu minggu saja.

Sup Bening

Sup tergolong makanan yang rendah kalori, namun Anda disarankan memilih yang kuah bening berbahan kaldu. Bukan sup yang banyak mengandung lemak seperti sup krim atau sup dengan tambahan santan. Selain rendah kalori, sup bening juga tinggi kandungan air. Bila Anda memakannya, bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Ikan Salmon

Orang diet harus sering-sering makan protein dan salah satu sumber protein terbaik bisa Anda dapatkan pada ikan salmon. Per 100 gram ikan salmon, terkandung sekitar 21,62 gram protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan protein inilah yang berperan membuat Anda bisa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan lemak ikan ini juga tidak terlalu tinggi hanya 5,93 gram saja per 100 gramnya. Tergolong aman dikonsumsi asalkan tidak terlalu sering.

Ikan Tuna

Ikan lain yang juga kaya akan protein adalah ikan tuna. Ikan ini adalah makan sehat yang bisa dikonsumsi oleh Anda yang saat ini sedang menjalani program diet. Kandungan protein 100 gram ikan tuna 23,38 gram dengan kandungan lemak yang lebih sedikit dari ikan salmon yaitu hanya 0,95 gram saja.

Kentang Rebus

Kentang rebus atau kentang kukus bisa menjadi pengganti nasi selama diet. Untuk ukuran 100 gram. kentang rebus mengandung 20,13 gram karbohidrat dan 0,1 gram lemak dengan jumlah kalori yang hanya 87 kkal. Berbeda halnya dengan nasi putih, yang mana kandungan kalorinya mencapai 204 kkal untuk ukuran satu mangkok.

Itulah dia beberapa pilihan makan malam untuk diet yang bisa Anda konsumsi. Selamat makan dan semoga diet berjalan lancar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.