Macam-Macam Gaya Hidup Dalam Kehidupan Dan Contohnya

satutulisan.com – Setiap orang pasti punya gaya hidup yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Sebab karakter orang itu beda-beda dan setiap orang juga kesukaannya tidak sama. Gaya hidup diartikan sebagai pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di dalam masyarakat. Gaya hidup seseorang bisa saja berubah seiring mengikuti perkembangan zaman.

Misalnya, dahulunya beberapa orang suka kumpul-kumpul di suatu tempat. Semenjak ada smartphone, frekuensinya mulai berkurang dan lebih memilih melakukan pertemuan via video call saja. Dahulunya istilah gaya hidup dibuat oleh psikolog Austria, Alfred Adler dan Ferdinand the Bull, pada tahun 1929. Namun mulai populer diterapkan sejak tahun 1961.

Macam-macam Gaya Hidup

Macam-Macam Gaya Hidup

Ada banyak pilihan gaya hidup yang bisa Anda pilih, ada yang positif dan juga ada yang negatif. Selain itu baik buruknya gaya hidup seseorang juga tergantung bagaimana orang lain menilainya.

Sebagai contoh, seseorang yang suka belanja. Sebagian orang menganggap itu adalah pemborosan namun sebagian yang lainnya itu adalah hal yang wajar selama orang tersebut memang memiliki uang banyak dan tidak menggunakan kartu kredit.

Lantas apa saja macam-macam gaya hidup itu? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat merupakan gaya hidup yang menganggap kesehatan menjadi suatu hal penting. Orang yang bergaya hidup sehat biasanya suka berolahraga dan makan makanan bergizi karena ia sangat ingin tubuhnya kuat dan sehat.

Selain itu orang yang bergaya hidup seperti ini sangat menginginkan berat badan yang ideal. Jika berat badannya terlalu besar, biasanya akan melakukan diet sehingga kedepannya tidak gemuk lagi.

Gaya Hidup Aktif

Gaya hidup yang satu ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang hiperaktif, sibuk, atau produktif. Ciri lainnya adalah sangat suka bersosialisasi dengan orang lain dan tidak bisa hanya berdiam diri di rumah saja karena lebih suka melakukan aktivitas di luar ruangan. Orang yang gaya hidupnya aktif sangat suka bergabung dengan komunitas dan aktif berada di dalamnya. Bahkan turut berperan aktif memajukan komunitas yang ia ikuti.

Gaya Hidup Modern

Gaya hidup modern adalah pola atau tingkat hidup seseorang yang modern atau mengikuti perkembangan zaman. Selain itu gaya hidup yang satu ini identik teknologi sebab zaman sekarang memang teknologi semakin berkembang pesat.

Beberapa contoh gaya hidup modern antara lain yaitu suka mencari informasi di internet, memakai gadget keluaran terbaru, suka jalan-jalan, mengkonsumsi makanan cepat saji, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gaya Hidup Sederhana

Gaya hidup sederhana merupakan lawan dari gaya hidup modern. Orang yang hidupnya sederhana selalu merasa cukup dengan apa yang ia miliki dan tidak pernah merasa kurang. Beberapa contoh gaya hidup sederhana antara lain yaitu tidak pernah gonta ganti barang, jarang makan di luar rumah, tinggal di rumah sederhana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gaya Hidup Konsumtif

Gaya hidup konsumtif adalah gaya hidup seseorang yang secara berlebihan membeli suatu barang atau jasa dengan mengutamakan keinginannya daripada kebutuhannya. Gaya hidup seperti ini tergolong pemborosan karena mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Selain itu orang yang hidupnya konsumtif adalah orang yang gengsi dan membeli barang hanya demi terlihat kaya di mata orang lain.

Selain daftar di atas, masih banyak macam-macam gaya hidup lainnya seperti gaya hidup materialistis, gaya hidup boros, gaya hidup bohemian, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.