Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Kapan DiBuka? Berikut Bocoran Jadwalnya

satutulisan.com – Banyak sekali orang-orang yang mencari kapan informasi pendaftaran kartu prakerja gelombang 48 dibuka? Selain itu apakah ada perbedaan insentif yang cair pada program kartu prakerja gelombang 48 ini? Selain itu ketahui juga cara daftar dan bagaimana cara cek kelolosan pada program kartu prakerja gelombang 48 ini.

Program Kartu Prakerja Itu Apa

Program Kartu Prakerja Itu Apa

Program kartu prakerja adalah sebuah program yang diluncurkan oleh Pemerintah Indonesia yang bertujuan pengembangan kompetensi kerja dimana ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja buruh atau karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang mana semua itu membutuhkan sebuah peningkatan sebuah kompetensi.

Kartu Prakerja Gelombang 48 Kapan Dibuka

Kartu Prakerja Gelombang 48 Kapan Dibuka

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa seleksi untuk pendaftaran kartu prakerja gelombang 47 telah resmi ditutup pada tanggal 28 Oktober 2022. Maka dari itu pada gelombang 47 dinyatakan resmi berakhir dan para peserta yang belum lolos jangan berkecil hati ya, karena anda bisa mengikutinya di program kartu prakerja gelombang ke 48. Lalu kira-kira kapan nih jadwal informasi pendaftaran kartu prakerja gelombang 48 akan di buka kembali?

Untuk perihal jadwal dan tanggal dibukanya kartu prakerja gelombang 48 sampai detik ini atau sampai saat ini belum dapat dipastikan. Apakah akan kembali dibuka pada bulan Nopember 2022 atau pada awal tahun 2023?

Dilansir dari akun media sosial resminya yaitu di instagram @prakerja.go.id, bahwa pendaftaran kartu prakerja gelombang tidak akan dilakukan di tahun 2022. Dan kartu prakerja gelombang 47 merupakan kesempatan terkahir bagi anda yang keterima prakerja di tahun 2022. Berarti itu adalah gelombang terkahir program kartu prakerja semi bansos di tahun 2022 ini.

Berdasarkan keterangan diatas, maka itu menunjukan program kartu prakerja gelombang 48 kemungkinan akan dibuka pada tahun 2023. Dan perlu di ingat juga oleh anda, bahwa pendaftaran resmi kartu prakerja hanya bisa dilakukan di link prakerja.go.id. Agar anda dapat menjadi bagian peserta kartu prakerja gelombang 48, maka anda harus melakukan proses pendaftaran online lewat situs prakerja.go.id.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 48

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 48

Nah sebelum kita lanjut ke proses pendaftaran kartu prakerja gelombang 48, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa saja syarat daftar kartu prakerja gelombang 48 ini agar kita mudah lolos pada gelombang ini. Berikut informasinya:

  • Harus berkewarganegaraan WNI yang telah berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kartu Keluarga) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 48

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 48

Selanjutnya apabila anda sudah tahu mengenai apa saja syarat untuk daftar kartu prakerja, silahkan simak informasinya dibawah ini mengenai cara daftar kartu prakerja gelombang 48 ini.

  • buka situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  • login akun jika anda sudah punya akun prakerja, apabila belum silahkan daftar buat akun terlebih dahulu.
  • aktifkan pengaturan lokasi dengan mencentang ikon gembok di dashboard alamat situs.
  • Selanjutnya anda verifikasi KTP dan isikan NIK Nomor KK dan tanggal lahir anda.
  • Pada tahap ini pastikan anda mengisinya harus hati-hati ya, dimulai dari melengkapi data diri anda, nama ibu kandung, status pekerjaan, status perkawinan, pendidikan terakhir, jenis kelamin, jenis pelatihan yang diminati, jumlah tanggunan keluarga, alamat sesuai KTP, dan alamat tempat tinggal anda. Kemudian setelah itu beres, anda tinggal klik Lanjut.
  • proses selanjutnya adalah verifikasi KTP dengan mengupload foto KTP dan foto diri anda yang langsung diambil dari kamera ponsel anda.
  • Verifikasi nomor handphone aktif anda.
  • Klik Kirim.
  • Kemudian masukan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone anda.
  • Klik Verifikasi.
  • Isi Pernyataan, lalu klik Oke.
  • Jalani tes motivasi dan kemampuan dasar. Nantinya hasil tes ini akan di evaluasi oleh tim seleksi dari kartu prakerja gelombang 48.
  • Klik Mulai Tes dan ikuti tesnya sampai selesai.
  • Silahkan anda pilih gelombang yang sesuai dengan alamat tempat tinggal anda, lalu klik “Gabung”. Setelah itu akan muncul persetujuan prakerja yang kalimatnya berisi pernyataan.
  • Jika sudah sesuai, maka tahap terakhir yaitu anda tinggal klik “Saya Menyetujui”. Nantinya akan muncil pemberitahuan notifikasi yang akan masuk lewat email dan SMS tentang lolos dan tidaknya anda sebagai penerima kartu prakerja gelombang 48.

Cek Kelolosan Kartu Prakerja Gelombang 48

Cek Kelolosan Kartu Prakerja Gelombang 48

Untuk para peserta yang lolos pada program kartu prakerja dipastikan akan mendapatkan sebuah notifiaski lewat nomor handphone atau email yang digunakan ketika anda membuat akun prakerja. Jadi pastikan alamat email dan nomor HP aktif ya.

Apabila anda lolos, maka notifikasinya akan tertulis “Selamat Anda Lolos Kartu Prakerja”. Dan apabila tidak lolos maka akan mendapatkan notifikasi “Kambu Belum Berhasil”.

Selanjutnuanya bagi para peserta yang lolos maka diwajibkan menonton 3 buah video yang akan di kirimkan lewat email. Setelah selesai menonton 3 buah video itu, maka peserta akan masuk ke menu dashboard untuk menyelesaikan sebuah pelatihan yang sudah ada di dashboard prakerja.

Demikianlah penjelasan informasi terkait pendaftaran kartu prakerja gelombang 48 kapan dibuka. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dari kami terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Gravatar Image +6281807973123 says:

    Semoga salah satu keluarga saya dpt bantuan🙏

  2. Gravatar Image Bunda RITA WIDIAWATI says:

    Semoga ada rezeky buat saya dan keluarga