Manfaat Kalkulator Usia Kehamilan Dan Cara Menghitungnya

satutulisan.com – Kalkulator usia kehamilan tidak sama dengan kalkulator yang biasa Anda gunakan saat menghitung bon warung di toko. Sebab dari fungsinya saja sudah berbeda.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan seputar kalkulator kehamilan yang tentu saja artikel ini sangat bermanfaat bagi calon ibu yang saat ini sedang mengandung. Mari bun, disimak artikelnya.

Kalkulator Usia Kehamilan

Apa Itu Kalkulator Usia Kehamilan?

Sesuai dengan namanya, kalkulator kehamilan merupakan alat hitung yang berguna untuk  menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL). Jadi dengan kalkulator ini, bunda bisa memperkirakan berapa usia kehamilan dan kapan calon bayi tersebut lahir ke dunia.

Tak hanya itu saja, bunda bisa mengetahui bagaimana perkembangan janin dan tubuh bunda sendiri. Dan tentu saja hal tersebut sangat berguna saat melakukan konsultasi di dokter kandungan.

Karena bunda sudah mempunyai informasi, maka dokter tidak perlu lagi melakukan pengecekan berapa usia kehamilan bunda. Jadi pemeriksaan dan konsultasi bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Manfaat Lain Kalkulator Usia Kehamilan

Tak hanya berguna untuk mengetahui usia kandungan dan perkiraan hari lahir, kalkulator ini juga memiliki banyak manfaat lainnya yaitu:

Mengetahui Kapan Trimester Awal Hingga Akhir

Memang apa gunanya mengetahui trimester awal sampai akhir kehamilan? Gunanya adalah untuk kapan terjadinya gejala-gejala asing dan perubahan lainnya pada masa kehamilan. Sebab trimester pertama dan akhir kehamilan adalah saat-saat yang paling beresiko dan biasanya ibu hamil mengalami gejala-gejala seperti mual dan muntah. Dengan begitu, bunda bisa mempersiapkannya terlebih dahulu.

Mengetahui Berat Badan Bayi Di Dalam Kandungan

Kalkulator kehamilan ternyata bisa juga dipakai untuk mengetahui berat tubuh calon bayi bunda yang ada di dalam kandungan. Apakah termasuk kurus, normal, ataukah kelebihan berat badan. Maka bunda pun bisa melakukan tindakan yang diperlukan atau berkonsultasi dengan dokter bagaimana agar berat bayi menjadi normal sehingga ketika sudah lahiran semua jadi baik-baik saja. Namun tidak semua kalkulator kehamilan mempunyai fitur yang satu ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan?

Menghitung usia kehamilan dengan kalkulator kehamilan bisa dilakukan via aplikasi maupun tools yang sudah banyak tersebar di internet. Di google ada banyak sekali tools kalkulator kehamilan, salah satunya dari SehatQ.

Seperti ini langkah-langkah menggunakannya:

  • Pertama silakan buka terlebih dahulu halaman Kalkulator Kehamilan Online | SehatQ
  • Selanjutnya masukkan tanggal kapan terakhir kali bunda menstruasi. Untuk diketahui, usia kehamilan dihitung sejak haid/menstruasi terakhir, bukan sejak saat pertama kali dinyatakan positif hamil.
  • Selanjutnya masukkan rata-rata siklus haid bunda. Jika biasanya bunda haid selama 25 hari maka masukkan 25 hari, dikira-kira saja (umumnya siklus haid itu sekitar 28 hari).
  • Kemudian klik hitung lalu tunggu beberapa saat ini.
  • Bunda akan mendapatkan informasi usia kehamilan, hari perkiraan lahir, dan berada di trimester ke berapa. Tak hanya itu saja, bunda juga mendapatkan beberapa rekomendasi tentang apa yang harus dilakukan selama masa kehamilan sampai bayi sudah lahir.

Alternatif lain, bunda bisa menggunakan aplikasi kalkulator kehamilan yang bisa didownload secara gratis di google play store. Caranya kurang lebih sama, bunda tinggal masukkan saja data-data tentang tanggal, bulan, dan tahun hari pertama haid terakhir ibu dan juga siklus haid.

Demikian pembahasan lengkap tentang kalkulator usia kehamilan dan cara menggunakan serta manfaatnya bagi bumil. Hasil perhitungan hanya bersifat perkiraan, namun tingkat keakurasiannya cukup tinggi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.