Fungsi Kalender Usia Kehamilan Dan Cara Menggunakannya

satutulisan.com – Sebagai seorang ibu hamil, bunda harus mengetahui tentang kalender usia kehamilan. Sebab dengan kalender ini, bunda bisa mengetahui usia kehamilan dan tanggal-tanggal penting dalam kehamilan.

Misalnya kapan trimester pertama, kedua. ketiga, dan seterusnya serta kapan waktunya persalinan. Sebenarnya fungsinya kurang lebih sama seperti kalkulator kehamilan, hanya saja ini kalender yang berisi tanggal bukan hitung-hitungan seperti pada kalkulator.

Banyak ibu-ibu hamil di Indonesia maupun luar negeri yang menggunakan kalender ini untuk memperkirakan hari persalinan bayinya. Pertama, dihitung dulu dengan sistem kalkulator kehamilan dan kalau sudah ditemukan tanggalnya, langsung dicek pada kalender kehamilan.

Bentuk kalender kehamilan tidak sama seperti kalender masehi yang selama ini sering bunda lihat di rumah. Kalender ini berbentuk bulat dan biasanya ada di rumah sakit atau puskesmas. Di toko online, bunda bisa membeli alat tersebut dengan harga yang relatif murah, yaitu Rp 10.000 – Rp 30.000 saja.

Kalender Usia Kehamilan

Fungsi Kalender Kehamilan

Fungsi utama dari kalender ini memang untuk mengetahui usia kehamilan dan hari perkiraan lahir atau HPL. Namun sebenarnya tak hanya itu saja, karena kalender kehamilan yang berbentuk bundar itu juga memiliki fungsi lain yaitu:

Memperkirakan Berat Badan dan Tinggi Janin

Dengan alat yang satu ini, bunda bisa mendapatkan prediksi berat badan janin yang ada di dalam rahim. Tak hanya itu saja, bunda bisa mengikuti berapa tinggi atau panjang janinnya. Namun untuk diketahui, ini hanya perkiraan saja ya.

Karena perhitungan perkiraan berat dan tinggi janin berdasarkan pada usia kehamilan, sedangkan setiap bulannya belum tentu janin di dalam rahim selalu berubah bobot tubuhnya. Untuk mengetahui perkembangan berat dan panjang janin, tetap harus dilihat menggunakan alat bernama USG.

Mengetahui Berat Badan Bunda

Orang yang sedang hamil, sudah tentu memiliki bobot tubuh yang berbeda dengan orang yang tidak sedang hamil. Pasti bertambah berat bukan? Nah, kalau bunda tidak memiliki timbangan di rumah, gunakan saja alat kalender putar kehamilan untuk mengetahui berapa kira-kira berat badan ibu hamil serta berapa pertumbuhannya dalam setiap bulan. Tapi hanya sekedar perkiraan ya, untuk hasil pastinya tetap harus menggunakan timbangan.

Mengetahui Awal Kehamilan

Apabila bunda ingin mengetahui kapan awal kehamilan, maka bunda bisa menggunakan alat yang satu ini. Kalau sudah tau awal kehamilan, maka bunda bisa mengira-ngira sendiri kapan tanggal kelahiran calon bayi yang ada di dalam rahim.

Cara Menggunakan Kalender Kehamilan

Cara memakai kalender putar kehamilan sangatlah mudah. Kalau bunda tidak mau membelinya, bisa menggunakan tools gratis yang banyak tersedia di google. Salah satunya bisa bunda akses di halaman https://luvizhea.com/kalender-kehamilan/

Selanjutnya jika sudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Putar lingkaran biru jika bunda menggunakan smartphone atau dengan mouse jika bunda menggunakan PC/laptop.
  • Arahkan tanda panah berwarna merah (menstruasi terakhir) sesuai tanggal menstruasi terakhir bunda. Ingat ya, tanggal menstruasi terakhir, bukan tanggal awal kehamilan.
  • Jika sudah, bunda bisa mengecek langsung hasilnya.

Sekarang mari kita coba gunakan alat ini bersama-sama. Misalnya saya, terakhir kali bunda menstruasi tanggal 10 Februari 2022 dan hari ini adalah tanggal 18 Mei 2022.

Pertama arahkan terlebih dahulu panah merah ke tanggal 10 Februari 2022. Terlihat pada awal kehamilan menunjukkan 25 Februari 2022 dan tanda panah merah “40” mengarah ke angka 17 November.

Angka-angka tersebut bermakna seperti ini:

  • Tanggal 10 Februari 2022 merupakan hari terakhir bunda menstruasi.
  • Tanggal 25 Februari 2022 merupakan awal kehamilan yang ditandai dengan fertilisasi atau masuknya sperma ke dalam ovum.
  • Tanggal 17 November 2022 merupakan hari dimana janin diprediksi akan lahir. Tapi, ini hanya perkiraan, karena bisa saja lebih cepat atau lebih lambat (ibu hamil bisa melahirkan saat usia kandungannya 34-44 Minggu, namun pada umumnya adalah 40 minggu atau 9 bulan 10 hari).

Alternatif lain, bunda bisa juga menggunakan aplikasi kalender kehamilan yang sudah tersedia di google play store. Download dan install gratis dan cara kerjanya sama dengan apa yang sudah dijelaskan di atas.

Demikian penjelasan tentang kalender usia kehamilan, semoga bermanfaat bagi bunda yang ingin mengetahui berapa umur kandungan janin yang ada di dalam rahim.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.