Rekomendasi Pilihan Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Untung Besar

satutulisan.com – Mahasiswa berbisnis? Mengapa tidak? Bahkan jika berbisnis, ada banyak hal bermanfaat yang bisa didapatkan oleh mahasiswa.

Salah satu manfaat yang pasti diperoleh adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Ya walaupun awalnya tidak terlalu besar, tetapi seiring dengan berkembangnya bisnis Anda membuat omzet menjadi bertambah banyak.

Uang hasil bisnis itu bisa Anda gunakan untuk berbagai hal. Salah satunya adalah membayar uang kuliah Anda. Daripada terus membebani orang tua, mengapa tidak mencoba untuk mencari uang sendiri dengan cara berbisnis.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Pilihan Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Untung Besar

Karena Anda mahasiswa, tentu harus bisa membagi waktu antara berbisnis dan kuliah. Harus bisa dijalankan kedua-duanya tanpa ada satupun yang dikorbankan. Berikut ini beberapa ide bisnis atau usaha yang bisa dijalankan oleh mahasiswa tanpa mengganggu waktu kuliah:

Les Privat

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Les Privat

Biasanya, les privat dijalankan oleh mahasiswa atau mahasiswi jurusan keguruan. Namun sebenarnya, jurusan apapun itu, Anda tetap bisa membuka les privat. Jika belum punya banyak modal, tidak perlu membangun ruang kelas. Tetapi, datangi saja langsung calon murid ke rumahnya atau buat rumah Anda menjadi tempat belajar.

Target utama bisnis ini adalah anak sekolah. Dalam artian, anak SD hingga SMA jadi materi yang Anda ajarkan adalah materi-materi yang ada di sekolah. Penghasilan bisa didapatkan langsung setelah mengajar atau bisa dihitung per bulan.

Penulis Lepas

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Penulis Lepas

Bagi mahasiswa yang hobi dan jago menulis, menjadi penulis lepas bisa menghasilkan duit tambahan. Ada banyak pilihan bisnis kepenulisan yang bisa Anda jalankan, antara lain yaitu content writer, copywriter, novelis, cerpenis, script writer, atau yang lainnya.

Untuk menjadi penulis lepas, modalnya tidak banyak. Anda hanya butuh perangkat laptop dan kuota internet yang cukup.

Anda bisa menjalani bisnis ini darimana saja dan kapan saja karena pekerjaannya fleksibel. Di era teknologi seperti saat ini, salah satu profesi content writer sangat dibutuhkan untuk menulis konten di sebuah situs atau website dengan bayaran yang sangat tinggi.

Jasa Fotografi

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Jasa Fotografi

Ide bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah jasa fotografi. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang jago jeprat jepret mengambil gambar yang bagus dan memiliki kamera.

Anda dapat menawarkan jasa ini pada momen-momen tertentu seperti wisuda, pre wedding, foto kenangan sekolah, dan lain sebagainya. Atau alternatif lain, Anda bisa mengunggah hasil gambar di situs jual beli foto seperti shutterstock, freepik, pexels, pixabay, atau yang lainnya.

Nantinya, jika ada yang tertarik dan ingin mendownload mereka harus membayar. Nah dari situlah uang Anda bisa didapatkan.

Jasa Pembuatan Website

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Jasa Pembuatan Website

Bagi Anda anak mahasiswa sistem informasi atau teknik informatika, coba gunakan kemampuan Anda dalam ngoding dengan membuka jasa pembuatan website. Untuk diketahui, untuk membuat website yang bagus dibutuhkan kemampuan coding tingkat tinggi.

Target pasar jasa ini sangat luas, termasuk itu perusahaan yang pasti membutuhkan website sebagai salah satu media untuk memperkenalkan diri kepada khalayak. Selain itu, jasa pembuatan website biasanya sangat dibutuhkan oleh para blogger yang malas membuat web sendiri.

Jasa Penerjemah

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah juga merupakan salah satu bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa. Dibutuhkan kemampuan berbahasa asing yang baik terutama bahasa Inggris jika ingin menjalankan bisnis yang satu ini.

Jasa ini tentu saja dibutuhkan karena tidak semua orang bisa mengartikan karya ilmiah atau literatur berbahasa inggris ke bahasa Indonesia. Anda bisa mendapatkan job ini di situs-situs freelancer.

Itu dia beberapa ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa dijalankan. Masih banyak contoh bisnis-bisnis lainnya dan yang paling penting adalah jangan pikirkan untung besar dulu, tapi jalankan dulu bisnis ini dengan sebaik mungkin lambat laun hasilnya pasti semakin besar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.