Pengertian dan Contoh Gaya Hidup Modern

satutulisan.com – Salah satu bentuk gaya hidup manusia yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari bukan cuma gaya hidup hedonisme dan konsumtif saja, tetapi ada juga golongan orang-orang yang bergaya hidup modern.

Karena zaman sekarang sudah serba modern, sebetulnya bukan hal aneh jika banyak orang memutuskan untuk bergaya hidup seperti itu. Nah apa yang dimaksud dengan gaya hidup modern? Saya akan menjelaskannya kepada Anda melalui artikel berikut ini.

Gaya Hidup Modern

Apa Itu Gaya Hidup Modern?

Gaya hidup modern adalah kebiasaan atau pola tingkah laku terbaru sehari-hari manusia yang sesuai dengan tuntutan zaman. Gaya hidup modern tidak selalu identik dengan hal-hal negatif, tergantung bagaimana seseorang melakukannya.

Menurut Bapak Soerjono Soekanto,  Lektor Kepala Sosiologi dan Hukum Adat Fakultas Hukum Universitas Indonesia, gaya hidup modern adalah perubahan sosial masyarakat yang telah disusun dan direncanakan sebelumnya.

Contoh Gaya Hidup Modern

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, bahwasanya gaya modern itu bisa positif atau negatif tergantung bagaimana seseorang menjalankannya. Dan beberapa contoh gaya hidup modern itu antara lain yaitu:

Self Care

Self Care merupakan salah satu bentuk gaya hidup yang mengutamakan atau mementingkan perawatan diri. Sebagai contoh, seseorang ingin memiliki wajah yang cerah maka ia membeli produk skincare dan mengaplikasikan pada kulit wajahnya.

Pada intinya, gaya hidup modern yang satu ini menganggap betapa pentingnya merawat diri sendiri. Gaya hidup self care terbagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu physical self care, mental self care, dan spiritual self care.

Mencari Informasi Melalui Internet

Dan contoh gaya hidup modern lainnya adalah mencari berbagai informasi saat ini pasti melalui internet. Misalnya saja ingin memasak makanan, pada internetlah menjadi sumber inspirasi karena di sanalah Anda bisa menemukan berbagai resep masakan.

Bahkan Anda tidak perlu lagi membeli buku resep masakan yang cukup mahal harganya. Cukup bermodalkan kuota internet saja, Anda sudah bisa menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan melalui media internet.

Suka Keliling Dunia

Masyarakat yang bergaya hidup modern biasanya suka jalan-jalan atau travelling. Terlebih lagi jika keluar Indonesia, pasti mereka sangat menyukainya. Masyarakat modern cenderung lebih suka jalan-jalan untuk merefresh pikiran daripada hanya berdiam diri saja di dalam rumah. Mereka menganggap traveling bisa menghilangkan stres setelah beberapa hari berkutat dengan pekerjaan.

Tinggal Di Rumah Minimalis

Rumah bertipe minimalis sangat disukai oleh orang-orang yang bergaya modern. Mereka sangat suka dengan rumah minimalis karena terlihat simpel namun tetap elegan. Selain itu rumah minimalis sebetulnya adalah pilihan yang bagus bagi Anda yang ingin memiliki rumah bagus tanpa harus mengeluarkan biaya atau budget sangat bagus.

Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Kalau gaya modern satu ini tergolong negatif dan seharusnya tidak Anda tiru. Gaya hidup masyarakat modern yang suka dengan makanan cepat saji dikarenakan mereka tidak ingin repot-repot memasak sendiri. Jadinya mereka menggunakan cara instan yaitu dengan membeli makanan cepat saji. Dari segi rasa memang makanan seperti itu sangat lezat, namun ada bahaya kesehatan yang mengintai dibalik kelezatannya.

Menggunakan Gadget Keluaran Terbaru

Masyarakat modern cenderung lebih suka menggunakan gadget keluaran terbaru dan mereka tidak ingin ketinggalan dengan yang lainnya. Bukan sesuatu yang aneh jika di zaman modern seperti ini ada orang yang memiliki smartphone lebih dari satu buah.

Demikian penjelasan mengenai gaya hidup modern dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari. Boleh hidup modern, tapi pastikan berada dalam koridor positif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.