Rekomendasi Cemilan Untuk Diet Yang Sehat

satutulisan.com – Banyak yang beranggapan bahwa diet dan cemilan merupakan dua hal yang sangat bertolak belakang. Bahkan banyak yang menyarankan jangan ngemil jika sedang melakukan diet biar badan tidak cepat naik.

Apa benar seperti itu? Ternyata pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Orang diet boleh ngemil, asalkan bisa memilih cemilan untuk diet yang sehat. Salah satu ciri cemilan sehat adalah kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi. Jadi Anda harus memilih cemilan yang rendah kalori dan rendah lemak.

cemilan untuk diet

Cemilan Untuk Diet Agar Tetap Berat Badan Turun

Berikut ini beberapa rekomendasi cemilan untuk diet yang sehat dan enak yang bisa Anda konsumsi yaitu:

Greek Yogurt Blueberry

Yogurt merupakan salah satu cemilan yang sehat karena rendah lemak dan salah satu jenis yogurt yang bisa Anda konsumsi adalah Greek Yogurt Blueberry dengan kandungan lemak yang hanya 3,5 gram saja.

Yogurt memang tidak mengandung serat, akan tetapi kandungan seratnya ada pada blueberry dengan jumlah 3,6 gram untuk ukuran 100 gram. Anda juga bisa menambahkan madu pada yogurt Anda, sebagai makanan yang sehat dan kaya akan serat, karbohidrat, kalium, natrium, dan berbagai mineral lainnya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan boleh-boleh saja dikonsumsi oleh orang-orang diet, namun tidak semua jenis kacang cocok dimakan oleh orang diet. Kacang tanah misalnya, kurang bagus dikonsumsi saat diet karena kandungan kalori dan lemaknya yang sangat tinggi.

Dalam porsi 100  gram, kacang tanah mengandung 567 kalori dan 49,24 gram lemak. Jumlah tersebut tergolong tinggi dan tidak bagus jika dikonsumsi sering-sering. Kacang rebus bisa menjadi pilihan yang bagus untuk ngemil. Tapi Anda tetap harus membatasi jumlahnya karena tetap ada kandungan lemak pada kacang tersebut.

Oatmeal

Saat diet, Anda bisa mengkonsumsi cemilan sehat yang tinggi serat yaitu oatmeal. Dalam 100 gram, oatmeal terkandung sekitar 1,7 gram serat pangan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, oatmeal diklaim diklaim mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh. Oatmeal juga bisa dijadikan menu sarapan selain dijadikan cemilan.  Oatmeal bisa membuat kenyang lebih sama sehingga Anda tidak akan mudah untuk makan.

Dark Chocolate

Dark Chocolate berbeda dengan coklat biasa karena tidak berpotensi menaikkan berat badan. Dark Chocolate dapat membantu mengendalikan nafsu makan berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition and Diabetes.

Namun Anda tetap harus membatasi konsumsi Dark Chocolate, jangan sampai terlalu banyak. Sama halnya dengan jenis coklat lainnya, dark chocolate juga mengandung lemak dengan 14 gram untuk ukuran 100 gram.

Hummus

Mungkin sebagian orang masih asing dengan olahan yang satu ini, namun hummus merupakan sumber protein yang baik. Hummus merupakan olahan makanan yang berasal dari kacang arab dengan sedikit biji wijen dan minyak zaitun.

Hummus memang mengandung lemak 1,29 gram per satu sendok makan. Tidak terlalu banyak, sehingga masih tergolong aman untuk dikonsumsi orang yang diet asal tidak berlebihan. Selain itu, lemak yang terkandung di dalam Hummus sebagian besar merupakan lemak tak jenuh bukan lemak jenuh.

Chia Puding

Chia Puding merupakan puding yang ditambahkan chia seed. Makanan ini kaya akan serat dan juga asam lemak omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sangat aman dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet.

Itulah dia beberapa rekomendasi cemilan untuk diet yang sehat tanpa takut naik berat badan. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi cemilan yang mengandung buah-buahan atau sayur-sayuran.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.