Cara Merawat Rambut Pria Dan Wanita Agar Tetap Sehat Dan Kuat

satutulisan.com – Rambut adalah mahkota bagi manusia, baik itu untuk pria maupun wanita. Kita harus merawatnya supaya selalu dalam keadaan baik dan tidak cepat rusak.

Beberapa contoh kerusakan pada rambut antara lain yaitu rambut rontok, rambut berketombe, rambut kering, rambut bercabang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada banyak sekali metode perawatan rambut, salah satu yang paling mudah dilakukan adalah keramas rutin menggunakan shampoo yang sesuai dengan tipe rambut.

Tak hanya itu saja, banyak cara merawat rambut yang bisa Anda lakukan baik itu untuk pria maupun wanita. Simak pembahasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Cara Merawat Rambut Pria dan Wanita

Perbedaan Cara Merawat Rambut Pria dan Wanita

Ada perbedaan cara merawat rambut pria dan cara merawat rambut wanita karena keduanya pasti punya karakter rambut yang berbeda. Faktor lain yang membedakan adalah kebiasaan yang sejak dahulu memang berbeda antara pria dan wanita.

Berikut penjelasan lengkap tentang perbedaan cara merawat rambut pria dan wanita yang pasti pernah Anda lakukan:

Cara Merawat Rambut Pria

Cara Merawat Rambut Pria

Berbicara soal rambut, pria itu pasti sangat suka rambut dengan model yang terlihat macho dan maskulin. Sebagian pria Indonesia memiliki rambut pendek dan sebagian lagi memiliki rambut gondrong.

Berbicara soal perawatannya, pada umumnya untuk laki-laki tidak terlalu ribet jika dibandingkan dengan perempuan. Untuk pria cara perawatan rambut dengan beberapa metode berikut ini:

  • Hindari keramas setiap hari karena justru membuat rambut jadi rusak. Idealnya, keramas itu seperti dua hari sekali atau tiga hari sekali.
  • Tidak menggosok-gosokan rambut supaya cepat kering setelah keramas, tetapi dikeringkan dengan rambut salah satunya dengan hair dryer. Bahkan menggosok-gosokan rambut secara kasar bisa membuat kutikula yang merupakan lapisan terluar rambut menjadi rusak.
  • Tidak cuma wanita, pria juga boleh menggunakan conditioner. Sebaiknya pilih conditioner yang mengandung protein dan mineral karena kedua kandungan ini dapat menjaga kesehatan rambut sehingga tidak lagi bermasalah.
  • Rutin memotong rambut, sekalipun itu Anda memiliki rambut gondrong idealnya 6-8 minggu sekali. Sebab potong rambut ini memiliki banyak sekali benefit, salah satunya adalah menghilangkan ujung rambut yang bercabang.
  • Hindari kebiasaan menggunakan banyak produk rambut seperti gel, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya terlalu sering. Justru jika hal tersebut dilakukan membuat rambut menjadi tidak terlihat alami.

Cara Merawat Rambut Wanita

Cara Merawat Rambut Wanita

Sementara itu untuk rambut wanita, mereka suka dengan model yang menyesuaikan dengan bentuk wajah. Sama halnya seperti pria, rambut wanita juga ada yang panjang dan ada yang pendek namun rambut panjang lebih mendominasi.

Berbicara soal perawatan rambut wanita memang sedikit lebih ribet daripada pria karena banyak hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Tidak menjepit rambut atau menguncir rambut terlalu kencang. Sebab bisa menyebabkan rambut mudah rontok dan patah.
  • Menggunakan pewarna rambut.
  • Mengeriting rambut dengan catokan.
  • Keramas secara rutin, tapi jangan setiap hari. Keramas cukup satu atau dua kali dalam seminggu.
  • Setelah keramas lebih baik biarkan rambut sampai mengering dengan sendirinya.
  • Sisir rambut, apalagi untuk wanita yang memiliki rambut panjang. Tentu terlihat buruk jika rambut Anda tidak disisir.
  • Anda bisa menggunakan kondisioner untuk membuat rambut menjadi bersinar serta menghindari rambut rontok dan kusam.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itu dia perbedaan cara merawat rambut pria dan wanita. Secara garis besar, memang tidak terlalu berbeda tapi ada detail-detail perawatan yang harus Anda perhatikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.