Mudah Banget, Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok

satutulisan.com – Rambut kering dan rontok merupakan dua dari sekian masalah yang terdapat di rambut. Bagi seseorang yang memiliki rambut kering dan mudah rontok, sudah pasti dia merasa tidak nyaman.

Sebab ada rasa gatal yang membuat kita terus menerus garuk-garuk kepala. Belum lagi jika terkena sinar matahari semakin memperparah kondisinya dan semakin membuat tidak nyaman.

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Yang Dapat Di Lakukan Di Rumah

Apabila rambut Anda saat ini rontok dan juga kering, tidak perlu bingung. Karena masalah keduanya bisa diatasi jika mengikuti beberapa tips berikut ini:

Pilih Produk Shampoo

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Pilih Produk Shampoo

Kondisi rambut seseorang salah satunya dipengaruhi oleh shampoo yang ia gunakan. Meskipun suatu shampoo produknya memang bagus, namun belum tentu cocok digunakan oleh semua orang.

Misal si A cocok dengan shampoo A, namun si B lebih cocok dengan shampoo B. Selain itu pemilihan shampoo juga harus disesuaikan dengan kondisi rambut. Apabila rambut Anda kering, maka pilihlah shampoo khusus untuk rambut kering. Silakan baca kegunaan shampoo pada bagian kemasannya.

Sesuaikan Waktu Keramas

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Sesuaikan Waktu Keramas

Dalam seminggu Anda keramas berapa kali? Hanya sekali atau justru lebih dari tiga kali? Perlu untuk diketahui, frekuensi waktu keramas ini harus benar-benar Anda perhatikan. Bagi pemilik rambut rontok dan kering tidak baik jika sering-sering keramas. Idealnya, keramas harus dilakukan setiap tiga hari sekali bukan setiap hari.

Menggunakan Conditioner

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Menggunakan Conditioner

Anda bisa menggunakan conditioner setelah keramas dengan tujuan mencegah rambut semakin keras. Caranya yaitu dengan mengoleskannya dari batang hingga ujung rambut. Pastikan merata supaya Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Caranya yaitu dengan menyisirnya menggunakan tangan.

Menggunakan Minyak Jojoba

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Menggunakan Minyak Jojoba

Tahukah Anda tentang minyak jojoba? Minyak jojoba adalah minyak yang berasal dari tanaman Jojoba (Simmondsia chinensis) yang merupakan jenis tanaman yang hidup di iklim gersang dan kering di wilayah Amerika Utara. Minyak ini banyak digunakan sebagai campuran produk kecantikan dan kosmetik.

Minyak jojoba banyak manfaatnya, termasuk salah satunya adalah menjaga kesehatan rambut. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan setengah sendok teh minyak jojoba ke ujung-ujung rambut ketika kondisi rambut masih sedikit basah setelah keramas.

Namun bisa saja minyak jojoba ini menimbulkan reaksi alergi. Misal setelah menggunakannya Anda merasa gatal-gatal di kepala yang tidak berkesudahan, sebaiknya jangan gunakan lagi gunakan saja shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut.

Menggunakan Minyak Kelapa

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Menggunakan Minyak Kelapa

Cara merawat rambut kering dan rontok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Sudah sejak lama minyak ini dipercaya bisa mengatasi rambut rontok secara alami tanpa menggunakan bahan kimia.

Caranya yaitu dengan mengoleskan campuran minyak kelapa dan daun kari pada rambut dan kulit kepala yang mana kedua bahan tersebut sebelumnya harus dipanaskan terlebih dahulu selama dua hingga tiga menit. Selanjutnya tutup rambut dengan rambut hangat lalu diamkan selama beberapa menit baru dibilas.

Lindungi Rambut Dari Paparan Sinar Matahari

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Lindungi Rambut Dari Paparan Sinar Matahari

Bagi yang rambutnya kering atau rontok, pantang untuk terkena sinar matahari secara langsung karena bisa membuat kondisinya semakin parah. Dalam kondisi yang sehat pun, rambut tidak boleh terlalu lama terkena sinar matahari karena membuat rambut menjadi mudah rapuh dan rontok. Nah pada saat berada di tempat panas, coba gunakan topi untuk melindungi rambut Anda. 

Seperti itulah cara merawat rambut kering dan rontok yang dapat Anda lakukan. Jangan pernah gunakan produk sembarangan agar tidak semakin merusak rambut Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.