Cara Merawat Kulit Sensitif Yang Aman Dan Mudah Dilakukan

satutulisan.com – Sebagian orang di dunia ini memiliki kulit yang sensitif. Adapun yang dimaksud dengan kulit sensitif adalah kulit yang mudah mengalami iritasi karena berbagai faktor seperti udara, bahan kimia, atau sebab yang lainnya.

Orang yang mengalami kulit sensitif pasti pernah merasakan hal-hal seperti kulit gatal, memerah, kering, perih, hingga terasa seperti terbakar karena cukup panas. Tentunya hal seperti itu tidak dialami oleh pemilik kulit normal.

Berbeda dengan kulit normal, perawatan kulit sensitif harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Jika salah perawatan, maka kulit menjadi semakin rusak.

Cara Merawat Kulit Sensitif

Cara Merawat Kulit Sensitif Yang Benar Dan Tepat

Meski membutuhkan perawatan khusus, merawat kulit sensitif itu bisa dilakukan sendiri kok bahkan tidak perlu mengeluarkan budget yang sangat mahal. Asalkan Anda benar dalam melakukannya.

Seperti inilah cara merawat kulit sensitif yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Gunakan Produk Yang Ramah Untuk Kulit

Cara Merawat Kulit Sensitif Gunakan Produk Yang Ramah Untuk Kulit

Pemilihan produk kecantikan bagi pemilik kulit sensitif harus dilakukan secara hati-hati. Anda harus memilih produk yang ramah untuk kulit. Produk yang dimaksud adalah produk yang sedikit mengandung bahan kimia. Sebab bahan kimia sendiri menjadi pantangan bagi kulit sensitif.

Selain itu produk untuk kulit sensitif sebaiknya lembut di kulit, tanpa wewangian, dan biasanya ada label  “hypoallergenic”. Jika perlu, dikonsultasikan dengan ahlinya supaya Anda bisa memilih produk untuk kulit yang sesuai.

Gunakan Sabun Pembersih Yang Lembut

Cara Merawat Kulit Sensitif Gunakan Sabun Pembersih Yang Lembut

Jika ingin wajah yang cantik dan bersih, maka sangat dianjurkan untuk rutin mencuci wajah dengan sabun pembersih. Namun sabun yang digunakan bukanlah sabun pembersih yang biasa.

Anda harus menggunakan produk sabun yang lembut di kulit. Jangan sampai Anda menggunakan sabun yang mengandung surfaktan atau bahan yang bisa mengangkat kotoran dengan sangat keras, nanti kulit menjadi rusak.

Jangan Gunakan Produk Dengan Alkohol Denat

Cara Merawat Kulit Sensitif Jangan Gunakan Produk Dengan Alkohol Denat

Dalam memilih produk kecantikan, tidak disarankan memilih produk yang mengandung alkohol denat. Alasannya yaitu membuat kulit menjadi rusak. Akan tetapi ada beberapa jenis alkohol yang memang cocok untuk kulit sensitif antara lain yaitu cetearyl alcohol, cetyl alcohol, arachidyl alcohol, dan stearyl alcohol.

Menggunakan Pelembab Tanpa Parfum

Cara Merawat Kulit Sensitif Menggunakan Pelembab Tanpa Parfum

Jika menggunakan pelembab, jangan pilih yang mengandung parfum. Pasalnya kandungan tersebut membuat kulit menjadi iritasi hingga menyebabkan alergi. Jadi boleh-boleh saja menggunakan pelembab meski kulit Anda sensitif. Asalkan pilih yang tidak mengandung parfum.

Mengoleskan Tabir Surya

Cara Merawat Kulit Sensitif Mengoleskan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya atau sunscreen sangat penting untuk segala jenis kulit tidak hanya kulit sensitif saja. Sebab, sunscreen berguna untuk mencegah iritasi akibat paparan sinar matahari. Setiap keluar rumah, sangat disarankan untuk mengoleskan tabir surya terutama bagi pemilik kulit sensitif. Tabir surya bisa memantulkan kembali sinar ultraviolet pada kulit yang terpapar.

Batasi Waktu Mandi

Cara Merawat Kulit Sensitif Batasi Waktu Mandi

Bagi yang memiliki kulit sensitif tidak disarankan untuk mandi lebih dari 10 menit. Selain itu, tidak disarankan juga mandi dengan air panas karena menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Jika kulit terkena air panas tidak ada bedanya dengan terkena sinar matahari. Sebagaimana yang kita ketahui, paparan sinar matahari menjadi pantangan bagi kulit sensitif.

Tidak masalah mandi dua atau tiga kali sehari, asalkan jangan lebih dari 20 menit. Dan untuk airnya, sebaiknya gunakan air biasa atau air yang sedikit hangat. Ingat, hangat ya bukan panas.

Mungkin perawatan kulit sensitif sedikit ribet bagi sebagian orang. Namun demi kesehatan kulit Anda, hal-hal di atas harus dilakukan supaya kulit tidak semakin rusak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.