Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Dan Tidak Mau Menyala

satutulisan.com – Sebelum panik dan membawa laptop ke toko servis, coba ikuti cara menghidupkan laptop yang mati total dulu. Walaupun cepat atau lambat kita tetap harus membawa ke toko servis, setidaknya dengan mengikuti cara ini kita akan tahu bagian mana yang rusak di dalam laptop.

Selain itu, siapa tahu laptop masih bisa nyala dengan diakali sedikit. Sehingga bila ada tugas urgent, kita bisa menyelesaikannya dulu sebelum menginapkan laptop di tempat servis.

Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati

Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Total

Ada beberapa cara paling mudah untuk menghidupkan laptop mati total, di antaranya:

Cabut Baterainya Kemudian Pasang Lagi

Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Cabut Baterainya Kemudian Pasang Lagi

Laptop yang sering dibawa pergi biasanya akan ada beberapa part yang kendur. Apalagi jika perjalanannya berbatu dan posisi laptop tidak ditaruh di dalam tas, tapi digantung di motor. Oleh karena itu jika Anda baru pulang kuliah dan tiba-tiba laptop tidak bisa dinyalakan waktu sampai di rumah, coba cabut dulu baterainya lalu pasang lagi.

Jika berhasil, bukan berarti pengunci baterainya rusak atau sudah kendor. Tapi memang posisinya berubah karena perjalanan panjang. Jadi kami sarankan beli tas laptop khusus atau taruh laptop di dalam tas ransel agar tidak terbentur sampai ada part yang lepas.

Nyalakan Sambil Di Charge

Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Nyalakan Sambil Di Charge

Jika laptop tiba-tiba mati, tidak ada indikator lampu apapun, dan tidak mau menyala sama sekali, coba charge dulu laptopnya dan tunggu 15 menit. Kemudian, coba nyalakan dalam posisi kabel charger masih tersambung.

Bila ternyata berhasil, artinya laptop tadi sudah kehabisan baterai sampai tidak ada daya sama sekali untuk menyalakan indikator lampu saja. Dan jika kasus ini terjadi waktu Anda sedang pakai laptopnya seperti biasa, artinya kondisi baterai sudah ngedrop dan sebaiknya diganti.

Jika sudah parah, baterainya tidak akan mengisi lagi dan laptop tidak bisa dinyalakan tanpa di-charge.

Nyalakan Laptop Tanpa Baterai

Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Nyalakan Laptop Tanpa Baterai

Mirip dengan cara yang kedua, coba nyalakan laptop tanpa baterai dalam kondisi tersambung charger. Masalah seperti ini juga disebabkan karena baterai laptop sudah ngedrop, sehingga laptop tidak mau menyala sama sekali bila tidak disambung charger.

Dengan mencabut baterai laptop, kita mengganti seluruh sumber listrik jadi hanya menggunakan charger saja. Sehingga laptop bisa tetap digunakan seperti biasa selama tidak mati lampu atau kabel chargernya lepas.

Untuk tahu apakah sebenarnya laptop masih bisa nyala atau tidak, cek indikator lampu baterai waktu charger sudah dicolok. Bila laptop masih bisa menyala, indikator lampu baterai akan menyala atau berkedip walaupun baterainya sudah dicabut.

Sambungkan ke Monitor

Cara Menghidupkan Laptop Yang Mati Sambungkan ke Monitor

Cara terakhir ini hanya bisa digunakan bila ada tanda-tanda laptop nyala seperti kipas berputar, semua lampu indikator menyala, dan ada bunyi dari dalam laptop, namun gambarnya tidak keluar di layar.

Bila disambungkan ke monitor, baik VGA maupun HDMI, harusnya layar monitor akan menampilkan gambar yang sama seperti yang biasanya ada di layar laptop.

Itu artinya, hardware laptop Anda masih sehat, tapi tidak bisa mengirim gambar ke layar. Cara memperbaikinya bisa dengan mengganti monitor atau membawa ke tukang servis agar diganti kabel fleksibelnya.

laptop yang mati total agar bisa digunakan sementara. Bila ternyata masalahnya hanya ada di baterai, Anda hanya perlu membeli baterai pengganti di toko online atau toko elektronik khusus komputer. Tapi bila ternyata layar atau hardware lainnya yang bermasalah, mau tidak mau laptop harus dibawa ke toko servis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.