Cara Mengetahui Kehamilan Melalui Denyut Nadi

satutulisan.com – Adakah cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi saja? Jawabannya ada. Selain dengan testpack untuk mengetahui wanita sedang hamil atau tidak adalah dari denyut nadinya. Meskipun beberapa perubahan fisik juga bisa menjadi salah satu tandanya. Tapi dengan cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi juga tidak kalah mudah.

Katanya orang yang sedang hamil memiliki intensitas denyut nadi lebih cepat dibandingkan wanita normal. Oleh karena itu ini yang menjadi alasan orang melihat tanda-tanda kehamilan melalui denyut nadi. Tapi sebaiknya mengetahui alasan mengapa orang hamil dapat dilihat lewat denyut nadinya.

Alasan Mengapa Orang Hamil Bisa Diketahui Lewat Denyut Nadi

Alasan Mengapa Orang Hamil Bisa Diketahui Lewat Denyut Nadi

Meskipun belum ada penelitian yang menguatkan spekulasi orang mengenai orang hamil dapat diketahui dari denyut nadi, tapi masyarakat sangat yakin mengenai fakta dari mitos ini. Hal ini dikarenakan orang hamil terlihat mengalami peningkatan denyut nadi.

Jadi, tak heran kalau banyak orang menggunakan tetap cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi. Melansir dari kumparan.com hal ini dibuktikan karena jumlah darah pada tubuh ibu hamil akan meningkat 40% daripada saat sebelum mengandung.

Ini terjadi juga disebabkan janin membutuhkan suplai darah untuk mendukung tumbuh kembangnya dalam kandungan. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan oksigennya.

Pada saat kondisi tersebut, pembuluh darah sedang melebar khususnya ketika sudah memasuki kehamilan di trimester kedua. Ini juga yang menyebabkan orang hamil kadang mengalami penurunan tekanan darah.

Efeknya, detak jantung akan semakin meningkat dan mengikut pada denyut nadi juga. Pada kondisi ini, dikarenakan jantung bekerja lebih keras untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh dan rahim. Jadi, cara mengetahui kehamilan lewat denyut nadi bisa dikatakan dapat menjadi alternatif penggunaan testpack.

Selain itu, perlu diketahui bahwa, denyut nadi ibu hamil jumlahnya mencapai 80-90 denyut per menit. Berbeda dengan wanita normal dan tidak sedang hamil, denyut nadi per menitnya hanya 60-80. Bisa dikatakan mengalami peningkatan sekitar 10 hingga 20 denyut per menit saat wanita sedang hamil.

3 Cara Mengetahui Kehamilan Melalui Denyut Nadi

3 Cara Mengetahui Kehamilan Melalui Denyut Nadi

Adapun dari satutulisan.com cara mengetahui kehamilan lewat denyut nadi yang bisa dipraktekkan yaitu sebagai berikut:

1. Temui Ahli Perawatan Dan Letakkan Pergelangan Tangan di Atas Meja

Tentu saja untuk mengecek kehamilan dari denyut nadi Anda juga perlu menemui ahli perawatan atau bidan. Letakkan pergelangan tangan di atas meja yang sudah dialasi bantal kecil untuk menghindari geser saat diperiksa. Pastikan juga tangan tidak basah agar proses pemeriksaan bisa dilakukan.

2. Miringkan Pergelangan Tangan

Berikutnya miringkan pergelangan tangan sampai permukaan tulang kecil terlihat. Bagian ini terletak dekat dengan ibu jari sehingga bisa langsung nampak saat diperiksa. Letakkan ibu jari sebelah kiri pada bagian bawah tulang tersebut. Rasakan apakah menemukan denyut nadi yang keras atau tidak.

3. Periksa Dengan Empat Jari

Cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi bisa juga dengan trik yang ketiga ini. Anda tinggal membalikkan tangan kiri kemudian meletakkan 4 jari pada bagian samping ibu jari. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan jari tengah dan telunjuk untuk melihat denyut nadi pada pergelangan tangan.

Supaya bisa merasakan semua bagian denyut nadi gunakan 4 jari 1 baris. Mengingat lagi bahwa denyut nadi normal ibu hamil di angka 70 hingga 90 BPM, maka usahakan tetap tenang untuk melihat hasil pemeriksaan yang akurat.

Cara mengetahui kehamilan tanpa testpack ini bila denyutnya sangat cepat dan dapat dirasakan oleh empat tadi yang digunakan untuk pemeriksaan tadi itu tandanya Anda sedang hamil.

Meskipun kalau tanpa alat tertentu denyut nadi tidak bisa dihitung tapi tidak perlu khawatir karena bisa dirasakan perbedaannya jika memang sedang hamil. Jadi, cukup mudah kan cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *