Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Memegang Perut

satutulisan.com – Pada umumnya, pasti wanita menggunakan test pack untuk mengetes apakah ada kehamilan ataukah tidak. Namun ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui sebuah kehamilan.

Apa itu? Memegang perut. Ya, bunda tidak salah baca, cukup dengan memegang perut saja bisa diketahui apakah seorang wanita sedang hamil ataukah tidak. Meskipun tingkat keakurasiannya tidak lebih baik dari test pack, tetapi cara ini bisa digunakan sebagai permulaan sebelum bunda benar-benar melakukannya menggunakan alat test pack.

Cara Mengetahui Kehamilan Dengan Memegang Perut

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Mungkin terdengar aneh, akan tetapi memang bunda bisa mengetahui apakah ada kehamilan atau tidak hanya dengan memegang perut. Caranya cukup pegang dan tekan perutnya (bisa dilakukan oleh suami  atau benda sendiri yang melakukannya).

Selanjutnya rasakan apa yang terjadi pada perut bunda. Jika muncul-muncul gejala seperti ini, maka ada kemungkinan bunda sedang hamil.

Rasa Mual dan Ingin Muntah

Seseorang yang sedang hamil dan perutnya ditekan, biasanya akan merasakan mual-mual seperti ingin muntah. Ini adalah gejala umum yang biasanya terjadi pada wanita hamil di minggu-minggu pertama sampai trimester ketiga.

Coba tekan sedikit pada bagian perut (jangan terlalu keras), apabila setelah itu bunda merasakan mual-mual dan ingin muntah, maka mungkin saja bunda sedang hamil. Akan tetapi, metode ini bisa saja tidak akurat karena gejala mual ini juga mirip seperti gejala maag dan asam lambung.

Mengalami Kram Perut

Tanda orang hamil selanjutnya adalah mengalami kram ketika perutnya ditekan. Jadi saat perut ditekan, biasanya seorang wanita akan mengalami kram mendadak. Biasanya kram terjadi pada perut bagian bawah dan terjadi selama 10 hingga 15 menit. Rasa kram ini kurang lebih sama seperti kram saat bunda mengalami menstruasi.

Perut Terasa Kembung

Gejala selanjutnya yaitu perut terasa kembung setelah memegang perut tersebut. Tapi awas jangan salah membedakan dengan perut kembung karena menstruasi. Khusus perut kembung karena hamil, biasanya  disertai dengan perut terasa kencang dan tidak nyaman saat dipegang. Hal ini terjadi karena meningkatnya kinerja progesteron yang membatasi kinerja otot-otot di sekitarnya.

Mudah Mulas

Jika perut dipegang lalu bunda menjadi mudah mulas, maka bisa saja bunda saat ini sedang hamil. Tentunya mulas sebagai gejala hamil dengan mulas karena memang sakit perut itu tidaklah sama.

Perut mudah mulas ini disebabkan karena meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh. Hormon ini dipercaya bisa membuat mulas dan gangguan-gangguan pencernaan yang lainnya. Dan biasanya hal seperti ini terjadi pada trimester pertama.

Rahim Mengencang

Apabila bunda merasakan rahim mengencang ketika perut disentuh, maka besar kemungkinan bunda sedang hamil pada saat itu. Rahim mengencang menjadi pertanda adanya bayi atau janin yang tumbuh di dalam rahim. Gejala seperti ini terjadi 12 minggu awal kehamilan. Dan merupakan sesuatu yang wajar dan tidak perlu bunda khawatirkan.

Ingin Buang Air Kecil

Jika saat perut ditekan, tiba-tiba saja ingin Buang Air Kecil dan terjadi selama beberapa kali maka kemungkinan besar bunda sedang hamil. Biasanya gejala seperti ini terjadi di awal-awal kehamilan.

Menurut Sherry A. Ross, MD, ahli kesehatan wanita, “Hampir 99,9 persen wanita yang baru hamil akan sering buang air kecil dengan frekuensi yang sering”. Gejala ini disebabkan oleh perubahan hormon.

Itulah dia beberapa cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut. Untuk mengetahui hasil yang lebih pasti, silakan lakukan tes kehamilan dengan test pack atau periksakan ke dokter kandungan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.