Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Laptop Tanpa Ribet

satutulisan.com – Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop sebenarnya ada banyak. Mau itu yang terhapus karena tidak sengaja, ataupun yang terhapus karena virus, file corrupt, dan masalah lainnya. Oleh karena itu jika file penting tiba-tiba hilang dari laptop Anda, tidak perlu panik dulu.

Semua cara mengembalikan data terhapus di komputer juga bisa dilakukan tanpa perlu internet. Jadi walaupun kuota kita sedang tipis, atau bahkan tidak ada koneksi internet sama sekali, data bisa tetap dikembalikan.

Sebab, yang dibutuhkan untuk mengembalikan file lama adalah hardisk laptop atau komputer tersebut, bukan koneksi internet untuk mengunduh file yang sama.

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Laptop

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Laptop

Pada artikel kali ini kita akan mempelajari 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan data atau file hilang di laptop.

Melalui Recycle Bin

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Laptop Melalui Recycle Bin

Cara pertama hanya bisa dilakukan file hilang karena tidak sengaja terhapus, jarak waktunya belum terlalu lama, serta ukuran filenya tidak terlalu besar. Jadi file dokumen seperti skripsi, tugas, atau foto yang terhapus masih bisa dikembalikan lewat recycle bin.

Untuk caranya, mari ikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka Recycle Bin yang ada di wallpaper layar laptop kita.
  • Lalu pilih file yang ingin dikembalikan.
  • Klik dua kali pada file tersebut, kemudian klik Restore.

Recycle Bin hanya bisa menyimpan file yang terhapus dengan cara di-delete selama 30 hari. Setelah 30 hari maka file tersebut tidak bisa dikembalikan dengan cara ini.

Selain itu, Recycle Bin tidak bisa menyimpan file terhapus dengan ukuran lebih dari 1 GB, atau ketika kumpulan file di Recycle Bin sudah di atas 5% dari total ukuran hardisk.

Restore Previous Versions

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Laptop Restore Previous Versions

Bila file Anda tidak ada di Recycle Bin karena ukurannya terlalu besar atau sudah terhapus permanen, cara untuk mengembalikannya yang lain adalah dengan fitur Restore Previous Version.

Tapi, fitur ini hanya ada di beberapa versi Windows saja. Jadi sebagian besar Windows 10 yang sudah di-update ke versi terbaru tidak punya fitur ini. Sedangkan semua pengguna Windows 7 masih bisa menggunakannya.

Untuk mencoba mengembalikan file dengan fitur Restore Previous Version, berikut ini adalah langkah yang perlu Anda ikuti.

  • Buka Explorer
  • Kemudian buka folder tempat Anda menyimpan file yang terhapus
  • Klik kanan pada folder tersebut
  • Lalu klik Restore Previous Version

Cara ini juga hanya bisa dilakukan bila file pernah disimpan di dalam hardisk laptop saja. Bukan hanya dibuka dari flashdisk atau hardisk eksternal.

Menggunakan Aplikasi Data Recovery

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Laptop Menggunakan Aplikasi Data Recovery

Metode terakhir adalah dengan memasang dulu aplikasi data recovery di laptop. Lalu gunakan software tersebut untuk mengembalikan semua file yang terhapus.

Cara terakhir ini membutuhkan waktu agak lama, apalagi bila ukuran hardisk laptop Anda besar. Tapi, semua file yang pernah disimpan di dalam hardisk tersebut bisa dilihat dan dikembalikan lagi seperti semula.

Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan file di dalam flashdisk, hardisk, bahkan memory card. Jadi jika file pernah disimpan di flashdisk, scan saja flashdisk tersebut agar proses recovery data-nya lebih cepat.

Seperti itulah cara mengembalikan data yang terhapus di laptop dengan mudah. Silahkan coba dari cara pertama, sebab metode Recycle Bin itulah yang paling mudah. Jika tidak bisa, baru coba metode ke dua atau ke tiga, tergantung versi Windows di laptop Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.