Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami Hingga Kontrasepsi

satutulisan.com – Pada umumnya pasangan suami istri yang baru menikah sangat mendambakan anak dan berharap cepat mendapatkan keturunan. Namun faktanya, tidak semua orang yang menikah berharap cepat-cepat punya anak.

Alasannya beraneka ragam, mulai dari masalah biaya hidup, ketidaksiapan fisik dan mental, kesibukan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu pasangan suami istri yang sudah mempunyai anak ada yang tidak ingin memiliki anak lagi.

Pemerintah Indonesia sendiri punya program Keluarga Berencana yang menyarankan pasangan suami istri supaya hanya memiliki maksimal dua anak saja. Tentu bukan tidak mungkin bunda dan suami mengikuti program itu, karena kehamilan itu dapat dicegah sekalipun bunda dan suami melakukan hubungan suami istri.

Cara Mencegah Kehamilan

Cara Mencegah Kehamilan Pada Wanita Secara Efektif

Ada banyak cara dan metode yang bisa bunda ataupun suami lakukan untuk bisa mencegah kehamilan. Caranya sangat mudah kok, yang perlu dilakukan cara mencegah kehamilan hanyalah:

Tidak Berhubungan Badan

Cara Mencegah Kehamilan Tidak Berhubungan Badan

Hubungan badan atau hubungan suami istri adalah salah satu jalan menuju kehamilan, maka dari itu supaya tidak hamil jangan berhubungan badan terutama ketika masa subur. Eits, tapi kayaknya tidak mungkin kalau tidak melakukannya.

Lantas bagaimana jika tidak bisa menahan hasrat untuk tidak berhubungan badan? Tenang saja, karena saya ada solusinya.

Solusinya adalah ejakulasi di luar saat melakukan hubungan badan. Ingatkan suami bunda supaya mengeluarkan spermanya di luar, jangan sampai keluar di rahim. Presentase keberhasilannya mungkin 70% karena pada faktanya tidak semua laki-laki bisa mengontrol ejakulasinya supaya tidak keluar ‘di dalam’.

Menggunakan Kondom

Cara Mencegah Kehamilan Menggunakan Kondom

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang umum digunakan untuk mencegah kehamilan dan alat ini dijual di apotek. Saya sendiri sering mendengar berita banyak sekali para remaja yang dengan mudah membeli alat ini.

Penggunaan kondom itu sangatlah mudah dan praktis sehingga wajar saja banyak orang yang menggunakannya. Alat kontrasepsi yang satu ini dapat memperkecil peluang terjadinya kehamilan.

Umumnya, kondom ini tersedia untuk laki-laki dengan tujuan utamanya adalah supaya laki-laki tidak mengeluarkan spermanya ke dalam rahim wanita dengan cara penis yang ditutupi dengan kondom.

Mengkonsumsi Pil KB Darurat

Cara Mencegah Kehamilan Mengkonsumsi Pil KB Darurat

Cara berikutnya untuk mencegah kehamilan adalah dengan mengkonsumsi pil KB darurat atau yang juga disebut sebagai morning after pill. Pil ini bisa dikonsumsi jika suami atau istri lupa menggunakan pengaman saat berhubungan badan.

Pil KB ini bukanlah obat yang dijual bebas. Sehingga untuk membelinya harus ada surat rekomendasi dari dokter terlebih dahulu dan sebelum meminumnya, alangkah lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena tidak bisa dikonsumsi secara asal-asalan.

Biasanya, pil ini bisa dikonsumsi 72 jam atau tiga hari setelah berhubungan. Dan pil yang satu ini juga tidak bisa menggagalkan pembuahan yang telah terjadi.

Mengkonsumsi Pil KB

Cara Mencegah Kehamilan Mengkonsumsi Pil KB

Pil KB yang satu ini berbeda dengan sebelumnya, dan lebih mudah ditemukan di apotek. Pil ini wajib diminum setiap hari supaya terjadi penebalan dinding rahim dan leher rahim sehingga membuat sperma sulit menembusnya dan tidak bisa membuahi sel telur.

Berdasarkan hasil penelitian, pil KB efektif mencegah kehamilan hingga 91%. Ini artinya, ada kurang dari 1 kehamilan per 100 wanita setiap tahunnya jika mereka selalu menggunakan pil KB. Dengan catatan, harus mengikuti petunjuk dan saran dari dokter.

Nah itulah dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kehamilan. Ingat satu satunya cara supaya tidak hamil dengan jaminan 100% adalah tidak berhubungan badan dengan suami atau istri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.