Cara Menambah RAM Laptop Agar Kapasitasnya Besar

satutulisan.com – Cara menambah RAM laptop sebenarnya tidak sesulit yang kalian kira. Kebanyakan orang membutuhkan bantuan teknisi komputer profesional untuk mengganti RAM sebab mereka tidak tahu caranya atau takut merusak garansi dari laptop tersebut.

Menambah RAM pada laptop sendiri sudah pasti merusak garansi dari laptop. Oleh karena itu, pastikan kalian sudah siap membayar servis bila ada kerusakan di masa-masa mendatang. Jika sudah, mari kita pelajari bagaimana cara menambah RAM laptop sendiri.

Syarat Upgrade Dan Cara Menambah RAM Laptop

Syarat Upgrade Dan Cara Menambah RAM Laptop

Walaupun kebanyakan laptop yang dijual saat ini bisa ditambah RAM-nya, ada juga beberapa laptop dengan posisi RAM permanen dan tidak bisa ditambah lagi. Untuk tahu apakah laptop Anda punya extendable RAM atau tidak, cek ciri berikut ini.

Jenis Motherboard

Syarat Upgrade Dan Cara Menambah RAM Laptop Jenis Motherboard

Laptop yang bisa ditambah RAM-nya pasti menggunakan jenis motherboard yang tidak menyolder RAM kedalamnya. Hampir semua laptop lama dengan RAM di bawah 2 GB punya tipe motherboard seperti ini. Tapi agar lebih jelas, kalian perlu membaca spesifikasi lengkap dari laptop yang sedang digunakan, menanyakan ke teknisi, atau membongkar sendiri bila paham tentang  komponen laptop.

Ketersediaan Slot

Syarat Upgrade Dan Cara Menambah RAM Laptop Ketersediaan Slot

Walau pun laptop kalian menggunakan jenis motherboard dengan extendable RAM, kita tetap harus melihat ketersediaan slot-nya. Sebab, ada laptop dengan hanya 1 slot RAM, yang mana lebih sulit untuk diganti RAM-nya. Tidak sedikit pula laptop dengan slot RAM dua sampai tiga tempat. Jadi  RAM baru bisa langsung dipasang tanpa harus mencopot yang lama dulu.

Kemampuan Processor

Syarat Upgrade Dan Cara Menambah RAM Laptop Kemampuan Processor

Tidak seperti komputer, processor laptop tidak  bisa diganti. Oleh karena itu, kita hanya bisa menambah RAM sesuai dengan kemampuan processor saja. Walaupun kita menggunakan RAM 16GB, tetap saja laptop tidak akan bisa berjalan jika prosesornya hanya mampu berjalan dengan kapasitas RAM maksimal 8GB.

Cara Menambah RAM Laptop

Cara Menambah RAM Laptop

Setelah tahu apa saja syarat yang perlu diperhatikan, sekarang waktunya cara menambah RAM laptop sendiri.

Beli RAM Sesuai Tipe Laptop

Cara Menambah RAM Laptop Beli RAM Sesuai Tipe Laptop

Ada banyak jenis RAM yang bisa kalian beli di toko online atau toko komputer. Jadi, langkah pertama adalah mencari RAM dengan tipe yang sesuai dengan slot motherboard laptop dan ukuran tidak melewati kemampuan prosesornya. Harga RAM sendiri tergolong murah, mulai dari 200  ribu hingga  1,6 juta.

Buka Slot RAM di Laptop

Cara Menambah RAM Laptop Buka Slot RAM di Laptop

Sekarang kita masuk ke tahap paling sulit, yaitu membongkar laptop  untuk melihat slot RAM-nya. Setiap laptop juga punya posisi slot RAM berbeda-beda. Namun, untuk membuka slot RAM kita tidak perlu membongkar  seluruh casing laptop. Biasanya posisi slot RAM ada di dekat baut yang ditutupi oleh stiker garansi dan didekatnya ada lubang lebih kecil untuk memutus aliran listrik.

Pasang RAM

Cara Menambah RAM Laptop Pasang RAM

Jika sudah ketemu slot RAM-nya, sekarang putuskan listrik laptop menggunakan lubang yang sudah disebutkan tadi. Kemudian pasang RAM dengan hati-hati dan pastikan posisinya sudah benar. Pasang dulu semua casing laptop yang dibongkar  sebelum menyalakan laptop. Jika sudah nyala seperti biasa, cek apakah kapasitas RAM di laptop kalian sudah  bertambah atau belum.

Jika kalian belum paham sama sekali tentang dunia komputer dan cara menambah RAM laptop ini, memang cara paling mudah adalah dengan menyerahkan ke teknisi asli. Tapi jika memang kalian ingin mencoba sendiri untuk pertama kali, pastikan seluruh data sudah di-backup dulu di cloud storage maupun hard  disk atau flash disk.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.