Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Paling Jitu

satutulisan.com – Keyboard laptop ataupun komputer yang tidak berfungsi tentu saja bisa menghambat pekerjaan. Anda tidak bisa mengetik secara maksimal.

Semakin banyak keyboard yang tidak bisa digunakan maka semakin memperlambat pekerjaan Anda. Maka dari keyboard yang rusak harus segera diperbaiki.

Kebanyakan orang pasti membawa laptop ke tempat service untuk memperbaikinya. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, akan tetapi sejatinya Anda bisa memperbaiki sendiri di rumah tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Dan Rusak

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya yaitu dengan metode sebagai berikut:

Restart Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Restart Laptop

Pertama coba restart laptop terlebih dahulu karena cara ini bisa menjadi solusi atas bermasalahnya sistem operasi komputer. Biasanya setelah di restart semua akan normal kembali seperti sedia kala.

Namun cara ini bisa dilakukan apabila kerusakannya tidak parah atau hanya sebagian saja. Kalau kerusakannya sudah parah, cara ini tidak lagi efektif.

Cara melakukan restart laptop adalah dengan menekan tombol start, pilih tombol power lalu pilih restart.

Cek Fungsi Num Lock

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Cek Fungsi Num Lock

Salah satu sumber permasalahan keyboard tidak berfungsi ada pada Num Lock. Karena tanpa Anda sadari, keyboard utama justru menjadi keypad numerik atau angka.

Ketika tombol num lock aktif, ketika ditekan maka yang muncul bukanlah huruf tetapi angka sehingga keyboard tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk memperbaikinya, Anda bisa menekan tombol Fn dan Numlock secara bersamaan.

Sayangnya cara ini hanya bisa dilakukan di beberapa tipe laptop saja. Untuk komputer, memang sudah tersedia tombol sendiri untuk num lock.

Perbaiki Driver Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Perbaiki Driver Keyboard

Jika terjadi error atau kesalahan pada driver keyboard, maka secara otomatis keyboardnya jadi bermasalah. Untuk solusinya, Anda bisa masuk pada bagian device manager khususnya pada bagian keyboard.

Nah apabila ada tanda segitiga berwarna kuning, tandanya driver keyboard sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda harus download dan install ulang driver baru melalui situs resmi laptop yang dimiliki saat ini.

Bersihkan Keyboard Laptop dari Debu

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Bersihkan Keyboard Laptop dari Debu

Ternyata masalah papan ketik laptop yang rusak bukan hanya disebabkan karena software atau sistem operasi saja, melainkan juga bisa disebabkan karena masalah hardware atau keyboard fisik yang sangat kotor.

Itulah mengapa kita disarankan membersihkan laptop secara rutin supaya permasalahan seperti itu tidak akan terjadi. Debu-debu itu terselip di sela-sela keyboard.

Apabila kotorannya tidak terlalu banyak, Anda bisa mengelapnya dengan tisu kering. Sedangkan jika kotoran sudah menumpuk, maka harus dilakukan pembongkaran supaya bisa dibersihkan bagian dalamnya.

Oh ya saat membongkar laptop, pastikan dalam keadaan mati. Jadi matikan laptop terlebih dahulu baru dibongkar.

Memperbaiki Konektor

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Memperbaiki Konektor

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan memperbaiki konektor keyboard yang tidak terpasang secara sempurna. Jika kendor, otomatis membuat keyboard tidak akan memunculkan tulisan meski sudah ditekan berkali-kali..

Sudah banyak tutorial di youtube bagaimana cara memasang konektor yang benar. Atau Anda bisa juga menyuruh orang yang lebih ahli untuk memasangnya.

Menggunakan Keyboard Eksternal

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Menggunakan Keyboard Eksternal

Kalau kerusakannya sudah sangat parah dan tidak bisa diperbaiki sama sekali, maka Anda bisa memakai keyboard eksternal. Jadi Anda harus membeli keyboard baru menyesuaikan dengan tipe dan merek laptopnya.

Keyboard eksternal dapat dengan mudah ditemukan di toko komputer, baik yang wireless maupun yang USB.

Jadi tidak perlu buru-buru ke tukang service, coba dulu cara-cara diatas untuk mengatasi keyboard laptop yang rusak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.