5 Cara Diet Tanpa Olahraga Yang Aman Dan Sehat

satutulisan.com – Orang pasti akan melakukan diet jika ingin menurunkan berat tubuhnya dan memang hanya dietlah cara yang paling efektif untuk mewujudkannya. Berbicara soal diet, pada artikel sebelumnya saya sudah menyarankan bahwa program ini harus diimbangi dengan aktivitas olahraga semial lari, jogging, atau bersepeda.

Namun kadang kala seseorang malas berolahraga dan tidak memiliki cukup waktu melakukannya karena kesibukan pekerjaan. Pertanyaannya adalah, bisakah diet tanpa diimbangi dengan olahraga? Jawabannya bisa. Tapi perlu Anda ketahui, apabila melakukan cara ini wajib hukumnya memperhatikan kebutuhan kalori supaya hasilnya menjadi maksimal.

Cara Diet Tanpa Olahraga

Cara Diet Tanpa Olahraga

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga, ada beberapa metode diet yang bisa dilakukan antara lain yaitu:

Menambah Asupan Protein

Supaya diet Anda berjalan lancar meski tanpa olahraga, maka Anda membutuhkan tambahan protein pada menu makanan. Kandungan protein dapat menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan meski tanpa olahraga sekalipun.

Protein juga bisa mengontrol nafsu makan dan membuat Anda bisa kenyang lebih lama. Jadinya Anda tidak akan terus terus makan ataupun hanya sekedar ngemil. Beberapa contoh makanan yang kaya akan protein antara lain yaitu ikan, dada ayam, tahu, tempe, telur, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menambah Asupan Serat

Selain protein, Anda juga membutuhkan asupan serat yang cukup supaya program diet berjalan dengan sukses dan Anda bisa mendapatkan bobot tubuh yang idel seperti yang sudah diharapkan sebelumnya. Serat merupakan nutrisi penting untuk menurunkan berat badan. Dengan serat, Anda bisa kenyang lebih lama, membantu penyerapan nutrisi, dan meningkatkan rasa kenyang.

Kalau sudah gampang kenyang, secara otomatis Anda tidak akan makan berkali-kali dalam satu hari. Beberapa sumber makanan yang mengandung serat antara lain yaitu sereal gandum, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Minum Air Putih

Air putih merupakan minuman yang sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang menjalani program diet dan jika mengkonsumsi terbukti berhasil menurunkan berat badan. Akan tetapi caranya berbeda, tidak asal minum begitu.

Jika ingin diet berhasil dengan air putih, cobalah untuk meminum air putih sekitar 20 menit sebelum Anda makan. Tujuan melakukan hal tersebut adalah memberikan efek kenyang lebih lama sehingga porsi makan Anda semakin berkurang.

Selain itu air putih bukanlah minuman yang kaya kalori atau gula tinggi, sehingga sangat aman dikonsumsi oleh siapa pun. Justru orang diet kurang bagus jika harus mengkonsumsi minuman yang terlalu manis.

Makan Dalam Porsi Kecil

Ketika Anda sedang diet, jangan sekali-sekali makan dalam porsi yang banyak karena hal tersebut justru memicu untuk makan lebih banyak lagi. Yang seharusnya Anda lakukan adalah makan dalam porsi yang sedikit saja. Makan lebih sedikit berarti mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga berat badan Anda lebih mudah turun daripada orang-orang yang suka makan banyak.

Pastikan Waktu Tidur Cukup

Cukupi waktu tidur atau istirahat Anda untuk menyukseskan program diet jika memang tidak sempat berolahraga. Untuk orang dewasa, pastikan dalam sehari tidur 6-7 jam secara teratur. Mengapa harus istirahat? Sebab kurang tidur atau kurang istirahat bisa membuat ketidakseimbangan pada hormon pengatur nafsu makan. Anda jadi lebih mudah lapar kalau jarang tidur.

Itulah dia beberapa tips dan cara diet tanpa olahraga. Namun alangkah lebih baiknya jika diet disertai dengan olahraga karena hasilnya akan lebih maksimal tentunya aman dan sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.