Tips Jitu Cara Diet Sehat Paling Ampuh

satutulisan.com – Memiliki tubuh yang ideal merupakan dambaan semua orang. Tubuh tidak terlalu kurus danjuga tidak terlalu gemuk memang paling ideal. Bagi Anda yang saat ini punya berat badan berlebih, tentu saja harus menurunkan berat badan supya menjadi langsing. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diet.

Diet merupakan cara paling umum yang kerap dilakukan orang guna menurunkan berat badan. Akan tetapi banyak juga yang gagal karena salah ketika melakukannya. berikut ini kami jelaskan bagaimana cara diet sehat yang jitu dan ampuh.

Cara Diet Sehat

Bagaimana Cara Diet Sehat?

Maka dari itu, melalui artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara diet sehat. Bukan sekedar diet, melainkan diet yang diikuti dengan aktivitas-aktivitas yang bikin badan sehat. Nah berikut ini beberapa tips diet yang sehat menurut beberapa pakar kesehatan:

Makan Perlahan

Ketika sedang makan, janganlah terburu-buru pelan-pelan saja. Makan secara perlahan membuat Anda bisa kenyang lebih lama. Kalau sudah kenyang lama maka secara otomatis frekuensi makan pun berkurang dan sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Diikuti Dengan Banyak Gerak

Diet bukan sekedar mengurangi porsi atau frekuensi makan, tetapi juga harus diikuti dengan banyak gerak. Tubuh Anda mungkin bobotnya akan berkurang, namun jika tidak diikuti dengan gerak maka tubuh akan menjadi kurus dan tidak sehat (tubuh kurus dan tubuh ideal merupakan dua hal berbeda). Adapun gerakan yang dimaksud dalam hal ini yaitu olahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan saja seperti joging, lari, atau bersepeda.

Jangan Sampai Stres dan Kurang Tidur

Ketika sedang menjalani program diet sebisa mungkin jangan sampai stres dan selalu tidur yang cukup. Jika Anda stres dan kurang tidur, dapat memicu hormon stres dalam tubuh sehingga rasa lapar pun meningkat. Pada akhirnya, Anda menjadi mudah makan bukan mengurangi makan. Alhasil, diet pun menjadi gagal karena terlalu banyak makan. Jam tidur yang ideal yaitu 6-8 jam per harinya. Sementara itu beberapa cara mengelola stres yang baik antara lain yaitu melakukan hobi yang disukai, berjalan-jalan di taman, atau menghirup udara segar.

Kurangi Produk Olahan Susu

Susu itu sehat, tidak ada keraguan tentang hal tersebut karena susu merupakan olahan tinggi kalsium dan vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi, di sisi lain susu juga kurang bagus dikonsumsi bagi orang yang melaksanakan program diet. Hal ini dikarenakan mengandung banyak laktosa yang membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih lambat. Maka dari itu, kurangi mengkonsumi makanan dari olahan susu.

Kurangi Makan Kacang

Selain itu, makan kacang-kacangan juga harus dikurangi jika memang ingin menurunkan bobot tubuh. Kacang mengandung karbohidrat sekitar 20% yang membuat berat badan justru bertambah bukan berkurang. Jadi saat diet kurangi mengkonsumi kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang mente, kacang polong, kacang mede, lentil, dan lain sebagainya.

Banyak Minum Air Putih

Air putih apabila dikonsumsi sebelum makan, akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. Dengan begitu, di waktu-waktu berikutnya Anda tidak akan makan lagi.

Hindari Gula

Dan yang paling terpenting dalam melakukan diet adalah membatasi konsumsi gula. Karena gula yang berlebih di dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak sehingga berat badan akan terus naik. Ubah kebiasaan dari sekarang dengan membatasi gula seperti minum teh tanpa gula dan minum kopi tanpa gula. Jika ingin makan sayuran, kurangi jumlah gulanya dan pilihlah sayur yang kaya akan serat.

Demikian pembahasan mengenai cara diet sehat. Dijamin cara diatas bisa membuat diet yang Anda jalankan berhasil tanpa efek samping apapun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.