5 Cara Diet Alami Tanpa Obat Yang Sehat Dan Sederhana

satutulisan.com – Diet merupakan metode terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh berat tubuh yang ideal. Biasanya diet dilakukan oleh orang-orang yang memiliki tubuh yang terlalu gemuk dan mereka melakukannya supaya berat badan jadi turun.

Melakukan program diet tentu saja tidak bisa dilakukan secara asal-asalan karena bisa boomerang bagi diri sendiri. Umumnya orang diet dengan dua cara yaitu secara alami dan instan menggunakan obat-obatan. Jika Anda bertanya mana yang paling aman, tentu saja saya merekomendasikan cara alami saja karena efek sampingnya tidak terlalu besar. Berikut penjelasan mengenai cara diet alami tanpa obat yang sehat.

Cara Diet Alami

Cara Diet Alami Yang Sederhana Tanpa Obat

Bagi Anda yang ingin melakukan cara diet alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu, bisa  menerapkan metode-metode berikutnya ini yang lebih hemat biaya. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Atur Makanan yang Akan Dikonsumsi

Hal terpenting dalam menjalankan program diet yaitu mengatur pola makan yang berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya Anda terbiasa makan banyak bahkan sampai dua piring saat diet kurangi porsi makan Anda sekitar 20-30%. Bukan hanya itu saja, jenis-jenis makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan kandungan gula yang tinggi karena itu bikin tubuh cepat gemuk. Makanan yang disarankan bagi orang yang sedang diet adalah makanan yang mengandung banyak serat seperti kacang hitam, wortel, brokoli, kacang merah, apel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Makan Secara Perlahan

Tak hanya memperhatikan menu dan porsi makanannya, Anda juga harus memakan dengan cara perlahan dan tidak terburu-buru. Hal ini dikarenakan makan terburu-buru membuat Anda cepat lapar dan akhirnya makan lagi. Berbeda halnya jika makan pelan-pelan, terbukti efektif untuk menekan nafsu makan. Kalau biasanya makan selama lima menit, coba lebih pelan lagi sampai menghabiskan waktu 15-20 menit dan rasakan sendiri bagaimana hasilnya.

Perbanyak Minum Air Putih

Supaya diet berhasil, mengkonsumsi banyak air putih sangat dianjurkan. Terlebih lagi jika Anda meminum air putih sekitar 20-30 menit sebelum makan. Tujuan melakukan hal terbukti adalah supaya Anda bisa kenyang lebih lama dan tidak akan makan dalam kurun waktu cukup lama. Dan cara seperti ini memang sudah terbukti efektif.

Istirahat yang Cukup

Selain memperhatikan pola makan, pola istirahat pun juga harus Anda perhatikan jika ingin memperoleh berat badan yang ideal. Sederhananya, kalau orang tidur pasti dia tidak makan dan tidak ada makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi bukan berarti tidur terus menerus. Tetap dalam porsi yang cukup yaitu sekitar 6-7 jam setiap harinya. Kekurangan tidur dapat memicu hormon yang bisa membuat Anda merasa lapar dan pada akhirnya Anda pun makan atau sekedar ngemil. Katanya mau diet, kok malah ngemil? Dijamin program diet auto gagal.

Rajin Olahraga

Olahraga sama artinya dengan menggerakkan tubuh dan tubuh yang aktif bergerak dapat membakar lemak sehingga bisa menurunkan berat badan. Diet tidak cukup dengan mengatur pola makan dan waktu istirahat saja, tetapi harus didukung banyak olahraga yang bisa mengeluarkan banyak keringat. Olahraga yang disarankan bagi orang diet karena bisa membakar kalori antara lain yaitu jogging, lari, bersepeda, senam aerobik, dan kardio. Lakukan selama 30 menit setiap harinya.

Demikian beberapa cara diet alami yang bisa Anda lakukan. Lebih aman dan lebih hemat tentunya karena Anda tidak harus membeli obat yang mahal harganya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.