Ini Dia 5 Bansos Yang Akan Cair Pada Bulan Oktober 2022, Cek Namamu Disini

satutulisan.com – Kabar baik untuk anda bahwa sekarang ada 5 bansos yang akan cair pada bulan Oktober 2022. Anda bisa mengeceknya apakah nama anda terdaftar sebagai penerima bansos atau bukan.

5 Bansos Yang Akan Cair Pada Bulan Oktober 2022

Seperti kita ketahui semuanya, bahwa ada bulan September 2022 lalu pemerintah sudah menetapkan perihal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Akan tetapi disisi lain, pemerintah juga sedang gencar-gencarnya menyalurkan dan merealisasikannya tentang adanya bansos.

Bansos  ini sangat berguna sekali sebagai bantalan atas terjadinya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan ditujukan kepada mereka yang telah memenuhi syarat dan terverifikasi. Setidaknya untuk sekarang ada 5 bansos yang akan cair pada bulan Oktober 2022. Mau tahu apa itu? Baik simak penjelasannya dibawah ini ya.

1. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

5 Bansos Yang Akan Cair Pada Bulan Oktober 2022 Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Bantuan subsidi upah atau BSU tahap IV, pemerintah akan menyalurkannya awal pekan ini. Anda bisa mengeceknya apakah anda  penerima BSU atau bukan melalui situs resmi di Kementrian Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melalui lini kemenkaer.go.id atau bisa juga di bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Merujuk pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) 10/2022, bahwa tahap untuk penyaluran BSU tahun ini hanya dilakukan melalui Bank Himbara yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, serta Bank Syariah Indonesia Provinsi Aceh dan Pos Indonesia.

BSU atau bantuan langsung tunai (BLT) subdisi gaji Rp. 600.000 ini akan diterima oleh pekerja dengan penghasilan perbulannya maksimal Rp. 3.500.000.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

5 Bansos Yang Akan Cair Pada Bulan Oktober 2022 Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) ini juga oleh pemerintah akan dicairkan pada bulan Oktober 2022 ini. Besaran pencairannya akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga. Untuk Komponen dari segi kesehatan, untuk ibu hamil mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp. 3.000.000 per tahun atau Rp. 750.000 per kuartal.

Kemudian untuk balita mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) pada bulan Oktober 2022 yaitu sebesar Rp. 3 juta pertahun atau 750 ribu per kuartal. Untuk cara mengeceknya anda bisa akses situs cekbansos.kemensos.go.id.

3. Kartu Sembako

5 Bansos Yang Akan Cair Pada Bulan Oktober 2022 Kartu Sembako

Kartu Sembako atau yang dulunya disebut dengan istilah BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) merupakan bansos pangan yang disalurkan secara nontunai kepada Keluarga Penerima Manfaat. Kartu sembako juga merupakan program pemerintah yang pencairannya mencapai Rp. 200.000 per individu. Untuk cara mengeceknya anda bisa akses situs cekbansos.kemensos.go.id.

4. BLT BBM

5 Bansos Yang Akan Cair Pada Bulan Oktober 2022 BLT BBM

Bansos atau BLT (Bantuan Langsung Tunai) BBM ini merupakan sebuah program yang diadakan oleh pemerintah sebagai respon akibat kenaikan Bahan Bakar Minyak dunia pada saat itu. Tujuan diadakannya program ini yaitu untuk membantu masyarakat miskin agar tetap terpenuhi kebutuhan hariannya.

Adapun besaran kisaran yang akan didapatkan dari program BLT BBM ini yaitu Rp. 600.000. Bagi anda yang ingin mengeceknya apakah nada terdaftar sebagai penerima atau bukan bisa cek di situs cekbansos.kemensos.go.id.

5. BLT Ojol

5 Bansos Yang Akan Cair Pada Bulan Oktober 2022 BLT Ojol

Bagi anda para pengemudi gojek online atau ojol, ada kabar baik pada bulan oktober 2022. Pemerintah akan mengumumkan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pengemudi ojek online.

Bantuan langsung tunai untuk para ojol ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PML.07/2022 tentang Belanja Wajib dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun 2022.

Anda dapat mengeceknya apakah anda terdaftar sebagai penerima BLT Ojol atau tidak di situs link https://eform.bri.co.id/bpum.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mengenai 5 Bansos yang akan cair pada bulan oktober 2022 ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Sekian dari kami terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *